Mau Liburan ke Kawasan Wisata Lembang? Hindari Jalan Ini

Sejumlah ruas jalan sedang dalam perbaikan dan rawan longsor

Bandung Barat, IDN Times - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ancang-ancang sambut wisatawan pada libur panjang pekan ini. Diprediksi, wisatawan bakal tumplek selama libur panjang per hari Rabu 28 Oktober sampai 1 November 2020 mendatang.

Satlantas Polres Cimahi mengimbau pengguna kendaraan yang akan menuju kawasan wisata Lembang, sebaiknya menghindari jalur rawan kemacetan dan bencana alam.

Beberapa jalur rawan kecelakaan lalu lintas di antaranya Jalan Kolonel Masturi (Kolmas) dengan kondisi jalan menurun, lalu sekitar objek wisata Imah Seniman, tepatnya di Kampung Kramat, Desa Cikahuripan. Wilayah itu merupakan salah satu kawasan rawan longsor.

Kemudian Jalan Cihanjuang serta Jalan Sersan Bajuri lantaran sedang ada perbaikan jalan di sekitar kawasan itu sejak dua minggu lalu sehingga sering menimbulkan antrean kendaraan yang cukup panjang.

1. Hindari ruas jalan ini

Mau Liburan ke Kawasan Wisata Lembang? Hindari Jalan IniMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, wisatawan dari arah Kota Bandung bisa melalui jalur arteri Jalan Setiabudi untuk menuju ke kawasan wisata Lembang. Sejumlah ruas jalan sebaiknya dihindari lantaran ada perbaikan.

"Pengguna kendaraan yang akan mengarah Lembang sebaiknya menghindari Jalan Sersan Bajuri dan Cihanjuang karena sedang perbaikan jalan. Kendaraan bisa melintasi Jalan Kolmas tapi hanya untuk kendaraan kecil, bus-bus besar diimbau menggunakan Jalan Setiabudi," ungkap Erin, Selasa (27/10/2020).

2. Cek kendaraan sebelum berlibur

Mau Liburan ke Kawasan Wisata Lembang? Hindari Jalan IniMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Diprediksi, lonjakan kendaraan di wilayah kawasan Lembang baru terjadi pada Rabu (27/10) besok. Untuk menghindari hal yang tidak diharapkan, para pendatang sebaiknya mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraannya.

"Siapkan kondisi kendaraan karena diprediksi jalur bakal padat. Dengan kontur jalan yang banyak berkelok, tanjakan serta turunan yang tajam, kendaraan harus fit. Dituntut juga kesabaran pengguna jalan karena pada setiap musim libur, kawasan Lembang pasti dilanda kemacetan parah," sebutnya.

3. Personel disiagakan di titik macet Lembang

Mau Liburan ke Kawasan Wisata Lembang? Hindari Jalan IniMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Sebagai persiapan menyambut wisatawan, personel Satlantas Polres Cimahi sudah melaksanakan rekayasa lalu lintas dengan cara memasang water barrier di beberapa simpul kemacetan seperti di sekitar objek wisata Farm House serta di simpang Beatrix.

"Lembang menjadi fokus utama kami sehingga personel lebih banyak diturunkan di sana. Apabila jalur sudah sangat padat, kita terapkan rekayasa lalu lintas seperti oneway dengan cara penarikan kendaraan ke arah atas (Lembang) atau sebaliknya (Bandung), tergantung pada kondisi di lapangan," ucapnya.

4. 80 personel diterjunkan

Mau Liburan ke Kawasan Wisata Lembang? Hindari Jalan IniIDN Times/Bagus F

Erin menyebutkan, untuk mengatur kepadatan arus kendaraan selama libur panjang, pihaknya menerjunkan sebanyak 80 personel yang disiagakan di sejumlah titik rawan macet.

"80 personel yang akan difokuskan di Lembang, nanti akan disebar termasuk di kawasan objek wisata. Tapi ada juga personel yang ditempatkan di Cimahi dan Padalarang," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya