Makam Penuh, Jenazah COVID Cimahi Dimakamkan di Pemakaman Umum

Bertambah, satu pasien di Cimahi meninggal dunia

Cimahi, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kota Cimahi kembali menelan korban jiwa. Seorang perempuan berusia 49 tahun dinyatakan meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi.

Pasien positif virus corona warga Cimahi ini meninggal dunia pada Rabu (2/9/2020) sore. Saat ini, jenazah sudah dimakamkan sesuai protokol COVID-19.

1. Pasien merupakan penjual lotek

Makam Penuh, Jenazah COVID Cimahi Dimakamkan di Pemakaman Umumyummy.co.id

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Cimahi, Harjono mengatakan, pasien tersebut merupakan warga Cimahi yang berprofesi sebagai pedagang lotek. Yang bersangkutan meninggal dalam kondisi positif COVID-19 dari hasil swab test.

"Betul ada seorang warga Cimahi yang meninggal, yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19," ungkap Harjono.

2. Meninggal dalam kondisi terpapar COVID-19

Makam Penuh, Jenazah COVID Cimahi Dimakamkan di Pemakaman UmumIlustrasi tenaga kesehatan. (IDN Times/Bagus F)

Harjono menjelaskan, pasien yang bersangkutan masuk Rumah Sakit Dustira pada 31 Agustus lalu menggunakan BPJS Kesehatan. Namun saat masuk rumah sakit, pasien tersebut belum menjalani tes usap.

Setelah masuk rumah sakit, yang bersangkutan menunjukan gejala COVID-19. Pihak rumah sakit akhirnya melakukan swab terhadap yang bersangkutan. "Karena menunjukkan gejala, sesuai protokol dilakukan swab dan hasilnya positif," jelasnya.

3. Dimakamkan di pemakaman umum

Makam Penuh, Jenazah COVID Cimahi Dimakamkan di Pemakaman UmumPemakaman COVID-19 di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Mengingat penuhnya kapasitas lahan pemakaman COVID-19 di Kota Cimahi, jenazah pun dikebumikan di Blok H Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cipageran, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Kamis (3/9/2020) pagi. "Sudah selesai proses pemakamannya tadi pagi," ucap Harjono.

Pihak Puskesmas dan lurah setempat, kata Harjono, sudah mengunjungi kediaman almarhum untuk melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat. Hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran virus.

4. Cimahi kehabisan lahan pemakaman COVID

Makam Penuh, Jenazah COVID Cimahi Dimakamkan di Pemakaman UmumAsmuni bersama tim pemakaman jenazah COVID-19 Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dengan penambahan satu orang tersebut, warga Kota Cimahi yang meninggal akibat virus sebanyak lima orang. Harjono berharap ini menjadi pasien terakhir yang meninggal karena virus tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cimahi masih mencari lahan untuk dijadikan pemakaman khusus COVID-19. Lahan pemakaman COVID-19 di Kota Cimahi sudah dinyatakan penuh dengan kapasitas enam liang lahat. Enam jenazah COVID-19 sebelumnya yakni empat warga Cimahi dan dua warga Tasik.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya