Lucu! Dua Bayi Binturong Lahir saat Pandemik di Lembang Zoo 

Dua ekor bayi hewan langka itu diberi nama Covid dan Corona

Bandung Barat, IDN Times - Lembang Park and Zoo kembali menambah koleksi satwanya. Dua ekor bayi binturong (arctictis binturong) lahir di tengah kondisi pandemik COVID-19.

Manajer Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto mengatakan, kedua bayi binturong berjenis kelamin jantan dan betina ini lahir pada 14 Mei 2020, lalu. Lantaran lahir di tengah kondisi pandemik, kedua bayi satwa langka ini diberi nama Covid dan Corona.

"Untuk mengingat momen ini kami kasih nama Covid untuk bayi binturong jantan dan Corona untuk bayi binturong betina. Mereka lahir saat kami tutup akibat pandemik," ujar Iwan saat ekspose kelahiran bayi binturong di Lembang Park and Zoo, Sabtu (4/7/2020).

1. Binturong merupakan hewan langka yang hampir punah

Lucu! Dua Bayi Binturong Lahir saat Pandemik di Lembang Zoo Dua ekor bayi binturong lahir di Lembang Park and Zoo. (IDN Times/Bagus F)

Iwan menjelaskan, binturong merupakan sejenis musang bertubuh besar yang hidup di habitat hutan tropis hijau, hutan dataran
rendah primer dan sekunder dengan padang rumput. Binturong ini biasanya hidup dengan usia minimal 18-25 tahun.

"Binturong ini adalah hewan langka asal Jawa yang dilindungi. Habitat mereka saat ini terancam punah," jelasnya.

Sementara makanan yang biasa dikonsumsi binturong yakni mamalia kecil, burung, ikan, cacing tanah, serangga hingga buah-buahan.

2. Ada 12 binturong di Lembang Park and Zoo

Lucu! Dua Bayi Binturong Lahir saat Pandemik di Lembang Zoo Dua ekor bayi binturong lahir di Lembang Park and Zoo. (IDN Times/Bagus F)

Dengan lahirnya sepasang bayi binturong itu, Lembang Park and Zoo saat ini memiliki 12 ekor binturong dengan kondisi sehat. Selain binturong, Lembang Park and Zoo juga  tengah berencana menambah lagi koleksi satwanya.

Saat ini di kebun binatang dengan luas 20 hektar ini terdapat 550 satwa. Seperti landak jawa, burung unta dan berbagai satwa langka lainnya.

"Dengan lahirnya Covid dan Corona, kita berharap populasi binturong di Indonesia bisa terjaga. Kita juga berencana menambah ragam satwa yang ada di tempat kami", sebutnya.

3. Per Selasa besok, wisatawan luar Jabar boleh masuk ke Lembang

Lucu! Dua Bayi Binturong Lahir saat Pandemik di Lembang Zoo Sejumlah wisatawan berswafoto di objek wisata Lembang Park and Zoo. (IDN Times/Bagus F)

Lembang Park and Zoo sendiri merupakan objek wisata kebun binatang satu-satunya di kawasan Lembang, Bandung Barat. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Iwan memastikan pengunjung aman untuk berwisata. Terlebih mulai Selasa (7/7) besok, wisatawan luar Jawa Barat sudah diperkenankan masuk kawasan wisata itu.

"Kita sudah dapat informasi langsung dari Pak Bupati kalau mulai Selasa pekan depan sudah bisa menerima kunjungan wisatawan luar Jawa Barat," ungkap Iwan.

4. Pengelola perketat protokol kesehatan bagi wisatawan luar Jabar

Lucu! Dua Bayi Binturong Lahir saat Pandemik di Lembang Zoo Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata Lembang Park and Zoo. (IDN Times/Bagus F)

Untuk menerima kunjungan wisatawan luar Jawa Barat, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan seperti memperketat penerapan protokol kesehatan pada pengunjung.

"Di depan kita sediakan bilik disinfektan, terus pengecekan suhu, dan mewajibkan masker atau face shield bagi pengunjung. Karena kan antisipasi pengunjung dari luar Jawa Barat harus ekstra ketat," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya