Longsor yang Tewaskan Sekeluarga di Bogor Terjadi Saat Mereka Tertidur

Empat orang tewas dalam peristiwa tersebut

Kabupaten Bogor, IDN Times - Peristiwa tanah longsor yang terjadi di Kampung Cibolang, RT01/01, Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor mengakibatkan satu keluarga tewas. Empat orang meninggal dunia akibat bencana yang terjadi pada Kamis(20/2), dini hari tadi.

Peristiwa naas itu terjadi di saat satu keluarga ini diduga sedang tertidur pulas. Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciawi diduga menjadi penyebab tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 03.00WIB.

1. Hujan deras diduga menjadi penyebab tanah longsor

Longsor yang Tewaskan Sekeluarga di Bogor Terjadi Saat Mereka TertidurIntagram.com/Ademunawarohyasin

Manajer Pusat Operasi Pengendalian Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu mengatakan, kejadian longsor itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Pemicu longsor diakibatkan karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah Ciawi.

"Dinding bagian kamar rumah jebol dan menimbun korban yang sedang tertidur," ungkap Budi dalam keterangan resminya, Kamis (20/2).

2. Tanah longsor menjebol dinding rumah

Longsor yang Tewaskan Sekeluarga di Bogor Terjadi Saat Mereka TertidurIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Korban yang tertimbun merupakan satu keluarga penghuni rumah itu. Korban tersebut berjumlah empat orang dengan keterangan Abas Abdul Latif (45 tahun), Ela Latifah (35 tahun), Easa Baskilah (6 tahun) dan Ean (4 tahun).

"Korban ditemukan warga sudah dalam keadaan meninggal dunia," kata Budi.

3. Korban dibawake RS Ciawi sebelum dimakamkan

Longsor yang Tewaskan Sekeluarga di Bogor Terjadi Saat Mereka Tertidur(ilustrasi jenazah) Dok.IDN Times/Istimewa

Pasca kejadian, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit untuk dilakukan autopsi. Pihak keluarga menerima bahwa kejadian itu murni karena bencana alam. Usai dilakukan autopsi, keempat korban kemudian dibawa oleh pihak keluarga untuk disemayamkan.

"Korban meninggal dunia sudah dibawa ke Rumah Sakit Ciawi Untuk dilakukan autopsi dan sudah di bawa oleh pihak keluarga untuk di semayamkan," paparnya.

4. Bupati sampaikan duka cita melalui akun Instagram

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan duka citanya pasca mendengar kejadian itu melalui akun media sosial Instagramnya pada Kamis (20/2) pagi. Ade mengaku mendapat kabar duka itu saat perjalanan dinasnya menuju Jakarta.

"Duka cita saya yang mendalam untuk para korban. Semoga diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah. Dari Jakarta saya akan segera menuju lokasi," ucapnya.

Baca Juga: Hujan Deras Akibatkan Tanah Longsor Timbun Satu Keluarga di Bogor

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya