Longsor Timbun Penambang Batu di KBB, Evakuasi Masih Berlangsung

7 dari 8 penambang berhasil melarikan diri

Bandung Barat, IDN Times - Nasib nahas dialami oleh seorang warga di Kampung Ciburang RT 3 RW 13 Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Warga yang diketahui seorang penambang batu itu tertimbun longsor saat beraktivitas di lokasi penambangan batu pada Rabu, 30 Maret 2022 siang.

Diketahui, penambang batu itu merupakan seorang pria beridentitas ED (40 tahun) asal Kampung Pasir Gombong, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, KBB. Saat ini, warga masih melakukan kerja bakti penggalian di lokasi kejadian menggunakan alat manual.

1. 7 penambang lain selamat dari maut

Longsor Timbun Penambang Batu di KBB, Evakuasi Masih BerlangsungIDN Times/Bagus F

Kapolsek Gununghalu, AKP Wasiman mengatakan, peristiwa itu bermula dari adanya 8 warga yang melakukan aktivitas penambangan batu di lokasi tersebut. Tanpa disangka, tanah di tebing setinggi kurang lebih 30 meter di lokasi tersebut mengalami longsor.

"Di lokasi itu ada lapisan tanah di atas batuan. Tanah tersebut kemudian longsor menimpa aktivitas penambang. 7 lainnya berhasil menyelamatkan diri sementara satu penambang tertimbun," ungkap Wasiman saat dihubungi, Rabu (30/3/2022).

2. Evakuasi menggunakan alat seadanya

Longsor Timbun Penambang Batu di KBB, Evakuasi Masih BerlangsungIDN Times/Bagus F

Saat ini, warga dan petugas gabungan masih melakukan evakuasi material longsor untuk mencari korban. Warga melakukan evakuasi menggunakan alat manual seadanya.

"Tanahnya tebal, sekarang warga masih melakukan evakuasi menggunakan cangkul, singkuk. Karena gak memungkinkan kalau menggunakan alat berat. Jadi korban belum keangkat sampai sekarang," kata Wasiman.

3. Timbunan diperkirakan 30 kubik

Longsor Timbun Penambang Batu di KBB, Evakuasi Masih BerlangsungIDN Times/Bagus F

Wasiman menjelaskan, material longsor ini cukup tebal sehingga menghambat proses evakuasi korban. Longsoran ini merupakan longsoran tanah di tebing setinggi 30 meter.

"Saya sedang di TKP. Longsoran diperkirakan dari ketinggian 30 meter. Kira-kira tanahnya ada 30 kubik," tutupnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya