Longsor di Parongpong KBB: 4 Rumah Terancam, Akses Jalan Tertutup

Longsor diduga akibat hujan deras Rabu (7/11) malam

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung Barat bagian utara pada Rabu (6/11) malam mengakibatkan tebing setinggi 15 meter di Kampung Cicarita RT04/19, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan desa dari Kampung Cicarita menuju Gegerarum, Kota Bandung.

1. Akses jalan menuju Kota Bandung tertutup

Longsor di Parongpong KBB: 4 Rumah Terancam, Akses Jalan TertutupDok. BPBD KBB

Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut. Namun, akses jalan desa menuju Kota Bandung tertutup material longsor.

"Untuk sementara akses hanya dapat dilalui untuk pejalan kaki, untuk membuka akses jalan petugas dari BPBD, Koramil, Polsek dan warga masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan," ungkap Duddy, Kamis (7/11).

2. 4 rumah terancam longsor

Longsor di Parongpong KBB: 4 Rumah Terancam, Akses Jalan TertutupDok. BPBD KBB

Duddy mengatakan, selain akses jalan yang tertutup akibat peristiwa longsor, terdapat 4 rumah warga yang terancam. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan saat hujan deras yang sewaktu-waktu mengguyur daerah itu.

"Ada 4 rumah kondisinya terancam. Rumahnya berada diatas tebing sangat mengkhawatirkan," kata Duddy.

3. Pemilik rumah diimbau mengungsi saat hujan besar

Longsor di Parongpong KBB: 4 Rumah Terancam, Akses Jalan TertutupDok. BPBD KBB

Duddy menuturkan, petugas BPBD sudah mengimbau kepada pemilik rumah yang terancam. Imbauan tersebut diharapkan agar pemilik rumah mengungsi saat hujan lebat.

"Kami mengimbau kepada warga untuk waspada dan segera mengungsi apabila terjadi hujan lebat. Kami juga telah memasang rambu-rambu peringatan rawan bahaya longsor di sekitar lokasi," pungkasnya.

Baca Juga: 9 Kecamatan di KBB Krisis Air Bersih, BPBD Kirim 61 Tangki

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, BPBD Petakan Sebab Banjir Tahunan di Cimahi

Baca Juga: Banyak Bencana di Kota Bandung, Pemkot Masih Kaji Kebutuhan BPBD 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya