Comscore Tracker

Kronologi Lengkap Tewasnya Wisatawan di Hotel Kupu-kupu Lembang

Korban terjatuh dari lantai tiga akibat lantai ambrol

Bandung Barat, IDN Times - Wisatawan asal Pontianak, Kalimantan Barat, tewas setelah terjatuh dari lantai tiga sebuah hotel di area kawasan wisata di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tewasnya korban ini diduga akibat konstruksi bangunan hotel yang buruk sehingga mudah ambrol dan memakan korban.

Kabar mengenai tewasnya tamu hotel tersebut ramai diperbincangkan setelah sebuah rekaman video amatir berdurasi 15 detik beredar di media sosial. Dalam video itu, terdengar suara seorang wanita yang diduga keluarga korban.

Suara wanita itu meneriakkan nama korban Sandy yang terjatuh akibat ambrolnya lantai tiga hotel tersebut. Video itu juga menunjukkan sebuah lantai yang berlubang tempat jatuhnya Sandy.

1. Korban niat berlibur bersama keluarga

Kronologi Lengkap Tewasnya Wisatawan di Hotel Kupu-kupu LembangHotel Kupu-kupu Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Setelah dilakukan penelusuran, hotel tersebut bernama Hotel Kupu-kupu Lembang yang berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Hotel ini merupakan hotel dengan desain ala Villa, berdiri tiga lantai untuk menampung wisatawan yang berlibur di kawasan Lembang.

Kejadian jatuhnya seorang wisatawan asal Pontianak itu dibenarkan oleh Petugas keamanan hotel Agus Saepudin. Kejadian jatuhnya tamu hotel hingga meninggal dunia itu terjadi pada Senin, 7 Februari 2022 kemarin.

"Kejadiannya itu Senin sekitar jam 07.30 WIB. Jadi mereka sekeluarga enam orang termasuk korban booking untuk dua hari, nah kejadian itu setelah mereka menginap hari pertama," ujar Agus, Rabu (9/2/2022).

2. Ada pendarahan serius di kepala

Kronologi Lengkap Tewasnya Wisatawan di Hotel Kupu-kupu LembangHotel Kupu-kupu Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Sesaat sebelum peristiwa kecelakaan itu terjadi, korban sempat meminta Agus untuk mengganti galon air mineralnya yang ada di kamarnya. Tak lama setelah galon diganti, berselang 20 menit kemudian, ada suara wanita berteriak meminta tolong. Tak pikir lama, Agus langsung berlari bergegas mendekati sumber suara.

Betul saja, Agus mendapati korban sudah terperosok dari lantai tiga hotel ke lantai dua dengan kondisi pendarahan serius di bagian kepala. Keluarga tampak panik bukan kepalang melihat kondisi Sandy penuh darah itu.

"Pas saya lihat itu korban dalam keadaan tergeletak, di situ sudah ada keluarganya. Untuk kronologisnya yang saya tahu itu jadi korban terperosok saat diam di balkon lantai 3," kata Agus.

3. Korban sempat dibawa ke klinik terdekat

Kronologi Lengkap Tewasnya Wisatawan di Hotel Kupu-kupu LembangHotel Kupu-kupu Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Spontan, Agus langsung bergegas membawa korban yang tengah pendarahan ke klinik terdekat. Agus berharap, ia tidak terlambat dan nyawa korban bisa tertolong.

"Jadi saya upayakan dibawa ke klinik terdekat. Saat itu, di hotel masih ada (nafas) pas sampai di klinik juga masih hidup. Terus dirujuk ke rumah sakit di Bandung, nah kata manajemen yang ikut ke rumah sakit, meninggalnya di IGD rumah sakit," tutur Agus.

4. Hotel tak memilih lapor polisi

Kronologi Lengkap Tewasnya Wisatawan di Hotel Kupu-kupu LembangIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Cisarua AKP Asep Mulia mengatakan, pengelola hotel sama sekali tak membuat laporan ke pihak kepolisian. Untuk itu, jajaran Polsek Cisarua masih mendalami peristiwa jatuhnya wisatawan akibat kontruksi hotel yang buruk.

"Kami kemudian melakukan penyelidikan ke TKP, anggota juga masih di sana. Mudah-mudahan bisa mengetahui detail kejadian tersebut," kata Asep.

Baca Juga: Terseret Arus Sungai di Pantai Glagah, Wisatawan Tewas

Baca Juga: Wisatawan Domestik Lebih Suka Menginap di Hotel Non-Bintang

Baca Juga: Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di Lembang

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya