Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Cililin KBB Bertambah

Total kerusakan 36 bangunan dan 8 pohon tumbang

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin(25/11) terus bertambah.

Hujan deras itu sebanyak 34 unit rumah warga, 8 pohon tumbang dan 2 bangunan di Pasar Cililin. Sehari pascatiupan angin kencang, warga mulai memperbaiki atap rumah dan memungut puing-puing material sisa peristiwa kemarin.

1. Belum ada bantuan dari manapun

Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Cililin KBB BertambahWarga Cililin, KBB mulai memperbaiki bangunan rumah yang terkena angin puting beliung yang terjadi pada Senin (25/11). (IDN Times/Bagus F)

Camat Cililin, Endang Ahdiat meninjau langsung sejumlah lokasi rumah warga yang mengalami kerusakan dari ringan hingga berat. Menurutnya, warga masih melakukan perbaikan secara swadaya.

"Belum ada bantuan dari manapun. Kami baru melakukan pendataan dan memulihkan psikis warga," ungkap Endang usai melakukan peninjauan, Selasa (26/11).

2. 11 jiwa masih mengungsi

Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Cililin KBB BertambahWarga Cililin KBB masih mengungsi di kerabat terdekat atas kejadian puting beliung yang menimpanya. (IDN Times/Bagus F)

Endang menjelaskan, atas peristiwa hujan disertai angin kemarin, ada tiga KK yang harus mengungsi. Rumah dari pemilik pengungsi itu kata Endang, mengalami kerusakan parah.

"Yang ngungsi ada 3 KK atau sekitar 11 jiwa. Ada yang temboknya jebol, ada juga yang atapnya terbang semua. Jadi terpaksa mereka harus mengungsi di keluarga terdekatnya," kata Endang.

"Kerusakan berat rumah milik pak Asep Saepudin. Dinding ruang tamu, ruang tengah dan dapurnya jebol," lanjutnya.

3. 34 rumah dan 2 bangunan Pasar rusak serta 8 pohon tumbang

Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Cililin KBB BertambahIDN Times/Bagus F

Menurut Endang, kejadian puting beliung yang menerjang Desa Cililin, Kecamatan Cililin KBB itu berlangsung pada Senin (26/11) sejak pukul 14.00 WIB sampai sekitar pukul 16.00 WIB.

Satu persatu rumah warga dihantam angin kencang. Tembok dan atap sebagian rumah warga turut porak poranda diterjang angin.

Sebanyak 8 pohon pun ikut tumbang, ada yang menimpa badan jalan, ada pula yang menimpa ruko pasar. Beberapa kios pasar pun tak luput dari amukan angin.

"Bangunan totalnya ada 34 rumah dan 2 bangunan Pasar Cililin yang kena. Rusak berat 1 rumah, 8 rumah rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Kerusakan terberat yakni diding rumah jebol sedangkan yang ringan hanya atap yang rusak," paparnya.

4. Perbaikan dilakukan secara swadaya

Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Cililin KBB BertambahIDN Times/Bagus F

Ketua RW 8, Desa Cililin, Aat menuturkan, saat ini warga terdampak dibantu kerabatnya yang berdatangan untuk membenahi kerusakan. Belum ada bantuan dari pihak manapun kepada warga terdampak.

"Sementara ini masih swadaya. Material yang masih bisa dipakai ya dipakai lagi. Yang gak bisa ya mau gimana," sebutnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya