Kawanan Monyet Ekor Panjang Gegerkan Warga Lembang, Dari Mana Mereka?

Monyet ekor panjang merupakan hewan endemik kawasan Lembang

Bandung Barat, IDN Times - Gerombolan monyet ekor panjang menyatroni warga Kampung Andir RT 03/06 Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam dua pekan terakhir.

Kawanan hewan primata itu kerap kali mendatangi permukiman warga pada waktu pagi atau sore hari. Diduga kelaparan, para monyet-monyet liar itu sering mengambil makanan milik warga.

1. Monyet yang masuk permukiman berasal dari habitat aslinya

Kawanan Monyet Ekor Panjang Gegerkan Warga Lembang, Dari Mana Mereka?Seekor monyet ekor panjang mengambil jajanan milik warga di Lembang, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Penyuluh Kehutanan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat Seksi Wilayah IV Taufik Hamzah mengatakan, kawanan monyet yang masuk ke pemukiman warga tersebut merupakan monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis).

"Kemungkinan itu dari habitat aslinya lari ke pemukiman warga. Saya yakin itu dari habitat aslinya, cuma habitat aslinya ini perlu ditelusuri," ujar Taufik Hamzah saat dihubungi, Jumat (19/6).

2. Habitat aslinya bisa jadi berasal dari hutan konservasi, hutan lindung, atau hutan produksi

Kawanan Monyet Ekor Panjang Gegerkan Warga Lembang, Dari Mana Mereka?indonesiananelok.com

Dari catatannya, habitat asli monyet ekor panjang di kawasan Lembang berada di hutan konservasi di antaranya kawasan Tangkuban Parahu. Monyet ekor panjang yang masuk ke wilayah permukiman warga Lembang tersebut, habitatnya kemungkinan berada di kawasan hutan setempat.

Menurut dia, di kawasan Lembang selain hutan konservasi ada hutan lindung dan hutan produksi di bawah kewenangan Dinas Kehutanan atau Perum Perhutani. Habitat kawanan monyet itu dimungkinkan juga berada di hutan lindung maupun hutan produksi.

"Kalau dari kawasan konservasi, dalam hal ini kawasan cagar alam Tangkuban Parahu, ke sana kan jauh. Sementara di situ ada kawasan Perhutani, bisa jadi di sana juga ada habitat monyet ekor panjang," tuturnya.

3. Seluruh pihak diminta jaga ekosistem kawanan monyet ekor panjang

Kawanan Monyet Ekor Panjang Gegerkan Warga Lembang, Dari Mana Mereka?Monyet ekor panjang di hutan lindung kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Atas adanya fenomena tersebut, Taufik meminta agar seluruh elemen baik warga, pemerintah daerah, maupun pelaku usaha wisata menjaga kelestarian dan ekosistem alam sekitar.

"Maka perlu koordinasi semua pihak termasuk masyarakat sekitar kawasan hutan untuk mengambil langkah apa saja yang harus dilakukan agar monyet-monyet tersebut tidak lagi memasuki perkampungan, salah satunya hutan sebagai habitat satwa liar harus terjaga dengan baik," tandasnya.

4. Warga minta pihak terkait turun tangan

Kawanan Monyet Ekor Panjang Gegerkan Warga Lembang, Dari Mana Mereka?Seekor monyet ekor panjang menyatroni permukiman warga di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Diberitakan sebelumnya, Seorang warga setempat, Yusuf Purwanto (43 tahun) mengatakan, kawanan monyet yang kerap mendatangi permukiman warga diperkirakan berjumlah 40 ekor. Namun, jumlah itu diduga semakin bertambah karena sekelompok monyet berkembangbiak di wilayah itu.

Yusuf berharap, pemerintah daerah ataupun lembaga terkait yang masih peduli pada hewan endemik di sini khususnya habitat monyet ekor panjang, ikut andil menangani teror monyet liar yang datang ke permukiman warga sewaktu-waktu.

"Kita berharap agar ekosistemnya tetap terjaga. Mungkin dengan membuatkan ekosistemnya atau dengan cara lain yang penting mereka tetap ada tapi warga juga tidak terganggu," kata Yusuf.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya