Jual Lewat Facebook, Pelajar SMP Asal Parongpong KBB Jadi Bandar Ganja

Polisi amankan kurir di kantor ekspedisi pengiriman JNT

Cimahi, IDN Times - Seorang pelajar SMP berinisial ND berusia 14 tahun diamankan jajaran Satres Narkoba Polres Cimahi lantaran menjadi bandar penjualan narkotika jenis ganja. Selain remaja itu, polisi juga mengamankan WL (19 tahun) yang bertugas sebagai kurir.

Pengungkapan kasus itu bermula dari dugaan adanya jual beli narkoba jenis ganja melalui media sosial Facebook. Setelah melalui penelusuran, pihak kepolisian mendapati peredaran narkoba yang dikirim melalui ekspedisi pengiriman barang J&T.

Kapolres Cimahi, AKBP Yoris M Yusuf mengatakan, polisi berhasil meringkus WL pada hari Senin (11/5) siang di kantor ekspedisi pengiriman barang J&T di wilayah Kecamatan Parongpong.

"Diketahui pada saat prnangkapan ada 6 paket yang akan dikirimkan ke seluruh daerah di wilayah negara Indonesia," ungkap Yoris saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Selasa (12/5).

"Setelah dilakukan pengembangan bahwa saudara tersangka WL mendapatkan perintah dari saudara berinisial ND berumur 14 tahun kelas 2 SMP ini kita yakini sebagai bandar dari narkoba jenis ganja ini," imbuhnya.

1. Bandar mendapat ganja dari seorang napi di Sumatera

Jual Lewat Facebook, Pelajar SMP Asal Parongpong KBB Jadi Bandar GanjaIDN Times/Bagus F

Yoris menjelaskan, ND mendapatkan ganja itu dari seorang narapidana yang berada di wilayah Sumatera. Barang tersebut diterima melalui ekspedisi pengiriman jang sama.

"Saat ini kita akan melakukan pengembangan baik kepada narapidana yang berada di sana dan juga seluruh paket-paket yang telah dikirimkan ke berbagai daerah di Indonesia perlu diketahui bahwa ini sudah berjalan sangat lama," kata Yoris.

2. Bungkusan paket ditulis produk kecantikan

Jual Lewat Facebook, Pelajar SMP Asal Parongpong KBB Jadi Bandar GanjaIDN Times/Bagus F

Pada proses pengiriman paket ganja, pelaku mengelabuhi petugas ekspedisi dengan membungkus paket ganja dengan memberi nama paket berupa produk kecantikan. Melalui media sosial Facebook, penjualan paket ganja tersebut akan di kirim ke Kalimantan Sulawesi, Mataram dan DKI Jakarta.

"Paket-paket ini dibungkus dan di sini tulisannya skincare, masker wajah, sabun, anti acne anti jerawat sama kebanyakan kosmetik. Namun isinya berupa ganja dengan berbagai varian rasa," terangnya.

3. Polisi sita barang bukti ganja seberat 3 kilogram

Jual Lewat Facebook, Pelajar SMP Asal Parongpong KBB Jadi Bandar GanjaIDN Times/Bagus F

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 1 unit motor suzuki satria, 6 paket ganja siap kirim via J&T, 4 bungkus ganja siap edar, 2 unit timbangan, alat-alat Packing dan 2 unit hand phone.

"Saat ini pada barang bukti yang kita amankan kurang lebih sekitar 3 setengah kilogram ganja kering siap edar," ujar Yoris.

"Untuk di bawah umur, hukumannya sepertiga. Tersangka disangkakan dengan pasal 114 dan pasal 115 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan 5 tahun. Maksimal 20 tahun penjara," tambahnya.

4. Tersangka mengaku baru 6 hari jualan

Jual Lewat Facebook, Pelajar SMP Asal Parongpong KBB Jadi Bandar GanjaIDN Times/Bagus F

Sementara itu, WL mengaku belum sempat mendapatkan keuntungan dari penjualan itu. Dia beralasan ganja tidak akan merusak kesehatan tubuh. Sebaliknya, alasan dia menjual ganja karena menurutnya, ganja menyehatkan tubuh.

"Belum dapet uang. Baru enam hari jualan. Empat kali kirim. Sekali kirim 5 paket," kata WL.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya