Jalan Bakal Ditutup, Pemkot Cimahi Siap Terapkan Pembatasan Aktivitas

Opsi pembatasan wilayah diterapkan sebelum karantina wilayah

Cimahi, IDN Times - Pemerintah Kota Cimahi bakal menerapkan pembatasan aktivitas di luar rumah bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pembatasan aktivitas yang diterapkan itu dengan cara menutup sejumlah ruas jalan Kota Cimahi.

Opsi tersebut dipilih untuk melihat kesiapan karantina wilayah. Opsi itu juga diharapkan bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Cimahi.

1. Diberlakukan menunggu restu dari wali kota

Jalan Bakal Ditutup, Pemkot Cimahi Siap Terapkan Pembatasan AktivitasInstagram/explorebandung

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan mengatakan, opsi pembatasan tersebut kemungkinan akan diberlakukan mulai Selasa (31/3) dengan waktu penutupan dari pagi hingga sore hari.

"Kami akan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Karena sejauh ini masyarakat masih bebas keluyuran. Kalau lancar, akan diterapkan. Tapi tetap menunggu keputusan Wali Kota," ungkap Dikdik, Senin (30/3).

2. Jalan ditutup pada jam-jam tertentu

Jalan Bakal Ditutup, Pemkot Cimahi Siap Terapkan Pembatasan AktivitasReuters.com

Sedangkan ruas jalan Kota Cimahi yang bakal ditutup itu menurutnya masih dalam kajian. Jalan yang bakal dibuka, yakni jalan utama yang menghubungkan antar daerah lain. Pada penutupan jalan itu, Dikdik menyebutkan Pemkot Cimahi akan menggandeng aparat dari TNI dan Polri untuk berjaga.

"Kemungkinan semua jalan kota akan ditutup pada jam-jam tertentu. Tapi untuk jalan nasional, seperti Jalan Amir Machmud, Jalan Gatot Subroto, Jalan Kolonel Masturi, masih dibuka. Itu akan melibatkan TNI dan Polri juga," kata Dikdik.

3. Karantina wilayah memungkinkan

Jalan Bakal Ditutup, Pemkot Cimahi Siap Terapkan Pembatasan AktivitasGreatfon

Menurutnya, pilihan untuk lockdown tidak bisa diterapkan. Namun yang memungkinkan yakni karantina wilayah sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Berdasar UU Kekarantinaan Kesehatan, karantina wilayah dilakukan jika situasi kesehatan masyarakat dikategorikan darurat salah satunya karena penyakit menular.

"Kalau lockdown jelas tidak mungkin diterapkan. Tapi kalau karantina kawasan masih mungkin, meskipun agak sulit juga. Tapi semuanya tergantung kondisi dsn keputusan Wali Kota," ujarnya.

"Di Cimahi ini memang ada kasus, tapi penyebarannya itu di luar daerah, jadi bukan terjadi di Cimahi. Yang perlu dilakukan adalah memutus penyebarannya," imbuhnya.

4. Warga diimbau tetap berada di rumah

Jalan Bakal Ditutup, Pemkot Cimahi Siap Terapkan Pembatasan Aktivitaspexels.com/Two Dreamers

Kepada warga Cimahi, Dikdik mengimbau agar tetap taat pada anjuran Pemerintah. Warga Kota Cimahi diminta berada di dalam rumah kecuali bepergian untuk urusan mendesak.

"Tolong ikuti arahan pemerintah. Ini dilakukan demi mencegah penyebaran Corona Virus makin mewabah. Kalau cuek, penyebarannya tidak dibatasi, akan semakin meluas," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya