Comscore Tracker

Intip Kegagahan Baron, Sapi Asal Lembang yang Dibeli Jokowi

Sapi berjenis simental ini memiliki bobot 1 ton

Bandung Barat, IDN Times - Baron, sapi jantan berbobot 1 ton asal Kampung Pangragajian, RT 02/04, Desa Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berhasil menarik perhatian Presiden Joko Widodo. Jokowi, sapaan akrab presiden, akhirnya memilih Baron untuk menjadi hewan kurban pada perayaan Idul Adha nanti.

Melalui tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat, sapi berjeenis simental berbulu cokelat kombinasi putih ini memiliki tinggi 160 sentimeter, panjang 150 sentimeter, dan berusia 3,5 tahun.

1. Baron lolos uji kesehatan

Intip Kegagahan Baron, Sapi Asal Lembang yang Dibeli JokowiSapi asal Lembang terpilih jadi hewan kurban Jokowi. (IDN Times/Bagus F)

Pemilik sapi, Agus Sumartono (50 tahun) mengatakan, dirinya tak pernah menyangka jika ketelatenan merawat dan perhatian terhadap kebersihan berujung pada terpilihnya Baron sebagai sapi terbaik di Jawa Barat, yang terpilih untuk dibeli Jokowi.

"Sapi ini lolos uji kesehatan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat dan terpilih jadi hewan kurban Presiden Jokowi . Senang dan bangga, walaupun awalnya gak nyangka bakal kepilih," kata Agus saat ditemui, Sabtu (17/7/2021).

2. Bobot Baron mencapai 1 ton

Intip Kegagahan Baron, Sapi Asal Lembang yang Dibeli JokowiSapi asal Lembang terpilih jadi hewan kurban Jokowi. (IDN Times/Bagus F)

Agus menyampaikan, proses terpilihnya Baron sebagai pilihan sapi untuk orang nomor satu di Indonesia itu melalui perjalanan cukup panjang. Kesehatan sapi berukuran jumbo ini menjadi poin utama lolos seleksi dari petugas kesehatan hewan.

Pemeriksaan kesehatan sapi itu dilakukan mulai dari pengambilan sampel darah hingga fesesnya. Petugas kesehatan juga memelototi kebersihan kandang dan sapi sebagai poin lain.

"Tidak jauh berbeda dengan sapi kurban lainnya. Untuk pola makan asupannya dengan konsentrat dua kali sehari dan rumput tiga kali sehari, dan ditambah vitamin," ungkapnya.

"Waktu ditimbang dua pekan lalu, sapi itu sudah memiliki bobot seberat 970 kilogram, dan untuk saat ini berat sapi tersebut diprediksi sudah mencapai satu ton," tutur Agus.

3. Harga sapi tidak mau disebut, yang penting kebanggaan terpilih oleh Presiden

Intip Kegagahan Baron, Sapi Asal Lembang yang Dibeli JokowiSapi asal Lembang terpilih jadi hewan kurban Jokowi. (IDN Times/Bagus F)

Disinggung soal berapa harga sapi yang ia jual, Agus tampak malu-malu menyebut angka. Namun, menurutnya yang lebih mahal dari rupiah ialah kebanggaan bisa terpilih oleh orang nomor satu di Indonesia.

"Kalau soal harga rahasia perusahaan, tapi ya lumayan. Yang jelas ada satu kebanggaan buat saya, karena sapi peliharaan dibeli orang nomor satu di negeri ini," kata Agus.

4. Baron bakal disembelih di Lembang

Intip Kegagahan Baron, Sapi Asal Lembang yang Dibeli JokowiSapi asal Lembang terpilih jadi hewan kurban Jokowi. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan), KBB, Wiwin Aprianti membenarkan bahwa sapi milik Agus Sumartono tersebut terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi karena sudah lolos seleksi.

Dari catatan Kesehatan Hewan KBB, ada nominasi sapi lainnya di wilayah Bandung Barat. Sapi milik Jaka (50) peternak asal Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, KBB juga masuk dalam opsi sapi pilihan Presiden. Namun karena bobotnya kurang, akhirnya gagal lolos pada tahapan seleksi.

"Rencananya sapi bantuan presiden (Banpres) yang terpilih dan lolos seleksi itu akan dipotong di RPH KPSBU dan dagingnya akan dikirim ke Pusdai (Pusat Dakwah Islam)," katanya.

Baca Juga: Ide 10 Ucapan Idul Adha Buat Suami dari Istri, Hubungan Jadi Lengket

Baca Juga: PPKM Darurat, Salat Idul Adha Berjamaah di Kota Bandung Ditiadakan 

Baca Juga: Presiden Jokowi Siapkan 35 Ekor Sapi untuk Kurban Idul Adha

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya