Ikuti Kemajuan Teknologi, Dishub KBB Luncurkan Alat Uji Kir Digital

Uji kendaraan bisa drive thru

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat siap meluncurkan alat uji kendaraan bermotor atau alat uji kir berbasis teknologi digital pada 2020, mendatang.

Dengan diluncurkannya alat uji kendaraan berbasis digital tersebut diharapkan mampu memudahkan pemeriksaan kendaraan dan efisiensi waktu uji.

1. Bisa drive thru dan bayar pakai e-money

Ikuti Kemajuan Teknologi, Dishub KBB Luncurkan Alat Uji Kir DigitalIDN Times/Bagus F

Kepala Dishub KBB, Ade Komarudin mengatakan, area uji kir akan dilengkapi dengan konsep go green dan dipenuhi mural bergambar wisata di KBB.

"Kita juga akan menggunakan pola drive thru jadi si sopir tidak akan turun. Setelah ada uji, dia langsung pulang," ungkap Ade di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor KBB, Kecamatan Padalarang, KBB, Rabu (6/11).

Pola pembayaran juga menggunakan konsep e-money untuk memudahkan pembayaran pemilik kendaraan.

"Kalau pakai drive thru memang bisa lebih cepat. Hasilnya bisa langsung diambil. Kendaraan ini lulus uji atau tidak hasilnya langsung keluar," ujarnya.

Ade mengatakan, sementara ini, biaya uji kir masih Rp60 ribu. Jika operasional sudah stabil, kata Ade biaya dimungkinkan naik menjadi Rp100 ribu per uji kendaraan.

2. Terdapat 9 alat uji dari Eropa

Ikuti Kemajuan Teknologi, Dishub KBB Luncurkan Alat Uji Kir DigitalIDN Times/Bagus F

Ade menjelaskan, pemilik kendaraan tidak perlu turun dari mobilnya, cukup dengan mengemudi melintasi satu per satu alat uji yang akan memeriksa secara otomatis.

Ade menuturkan, terdapat 9 alat uji kendaraan yang dibeli langsung dari Eropa. Menurutnya, untuk satu paket alat uji, membutuhkan dana sekitar Rp4,6 miliar.

"Alat emisi gas buang masing-masing satu untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan solar, head Light tester (alat uji Lampu), speedometer tester, alat uji kincup roda untuk menguji tingkat kemiringan ban, alat uji rem dan beberapa alat pembantu lain," paparnya.

3. Direncanakan tahun depan nambah satu paket alat uji

Ikuti Kemajuan Teknologi, Dishub KBB Luncurkan Alat Uji Kir DigitalIDN Times/Bagus F

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengapresiasi peluncuran alat uji kendaraan itu. Menurutnya, uji kir berbasis digital yang diluncurkan Dishub KBB merupakan terobosan baru di Jawa Barat.

"Intinya prestasi yang disuguhkan ini buat pelayanan masyarakat. Dan ini bukan hanya untuk pelayanan masyarakat Bandung Barat saja. Boleh dari mana-mana," ujar Aa.

Aa mengatakan, untuk tahun depan Pemkab Bandung Barat akan menyiapkan anggaran untuk menambah satu paket alat penguji lagi untuk mengisi lahan yang masih kosong.

4. Diharapkan dapat meningkatkan PAD

Ikuti Kemajuan Teknologi, Dishub KBB Luncurkan Alat Uji Kir DigitalIDN Times/Bagus F

Aa juga berharap, hadirnya alat uji berbasis digital ini mampu mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD) Bandung Barat.

"Minimalnya ini jadi PAD. Saat ini kan sudah 100 mobil per hari satu line alat uji. Kalau saja ada dua paket uji, PAD bisa sampai Rp5 miliar per bulan," kata Aa.

Meski demikian, penampilan di area masih kurang. Aa mengatakan, akan menambah desain dan beberapa fasilitas seperti kafe dan mini market.

Baca Juga: Atasi Anak Kecanduan Gadget, Bupati KBB Canangkan Program Jam Anak

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya