Hujan Deras, Pohon Tua Tumbang Timpa Pengendara di Lembang

Beruntung tidak ada korban jiwa

Bandung Barat, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Kamis (2/7).

Pohon tumbang itu menimpa seorang pengendara motor, Trinarti Ekajati (45 tahun) dan sebuah mobil yang dikendarai oleh Rahmat Permana (39). Kedua pengendara itu tertimpa batang pohon saat tengah melintas di jalan raya.

1. Pohon yang tumbang menimpa sebuah mobil dan pemotor yang melintas

Hujan Deras, Pohon Tua Tumbang Timpa Pengendara di LembangIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Kapolsek Lembang, Kompol Sarce Christiaty Leodima mengatakan, kecelakaan yang diakibatkan pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Peristiwa kecelakaan itu terjadi di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Kampung Ciburial RT 02/04 Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, KBB.

"Tepatnya di depan Bukit Strawberry Lembang, telah terjadi pohon tumbang yang menimpa kendaraan roda empat merk Toyota Avanza dengan nopol D 1454 VQ warna hitam, dan sepeda motor merk Honda Beat dengan nopol T 2912 YN," ujar Sarce saat dihubungi, Kamis (2/7).

2. Pohon tumbang saat hujan deras guyur wilayah Lembang

Hujan Deras, Pohon Tua Tumbang Timpa Pengendara di LembangIlustrasi hujan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sarce menjelaskan, dari keterangan para saksi, peristiwa kecelakaan itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Diduga, karena batang pohon yang sudah tua dan rapuh tidak mampu lagi menahan beban hujan deras.

Bersamaan dengan jatuhnya batang pohon yang rapuh, kendaraan roda empat berwarna hitam juga tengah melintas dari arah subang menuju Lembang.

"Kemudian tiba-tiba sebuah pohon tumbang menimpa bagian depan mobil tersebut. Selang beberapa lama kendaraan roda dua terjatuh akibat melindas potongan pohon yang tumbang," paparnya.

3. Tidak ada korban jiwa, hanya luka dan rusak kendaraan

Hujan Deras, Pohon Tua Tumbang Timpa Pengendara di LembangIlustrasi garis polisi. IDN Times/Muhamad Iqbal

Akibat dari kejadian tersebut, Sarce mengatakan, seorang pengendara motor mengalami luka ringan. Sementara pemilik kendaraan roda empat mengalami kerugian materil dikarenakan bagian mobil mengalami penyok akibat tertimpa batang pohon.

"Tidak ada korban jiwa, dan korban pengendara roda empat mengalami kerugian materi dikarenakan kendaraan tersebut rusak dibagian kap atas mobil dan kaca depan. Sementara pengemudi kendaraan roda dua mengalami luka ringan dan rusak di beberapa bagian kendaraannya," tandasnya.

4. Warga harap Pemda KBB segera tebang pohon tua

Sementara itu, Eko (35) warga sekitar mengatakan, pohon tua di wilayah Lembang terhitung cukup banyak. Sebagai warga sekaligus pengendara dirinya juga merasa was-was jika pohon tua itu suatu saat tumbang dan menimpa dirinya.

"Pemerintah daerah harusnya punya peran. Kalau sudah kejadian kaya gini mau gimana? Kan warga juga yang jadi korbannya," kata Eko.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya