Hasil Swab Terbaru, 101 Personel Pusdikpom Cimahi Negatif COVID-19

Wali Kota melaporkan hasil swab test terbaru

Cimahi, IDN Times - Sebanyak 101 personel Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) di Kota Cimahi yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19, kini sudah dinyatakan sembuh.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, 101 personel TNI AD tersebut dinyatakan sembuh berdasar hasil swab test terakhir yang menunjukkan seluruhnya negatif COVID-19.

"Kami lakukan swab test terutama yang terkonfirmasi di awal. Hasilnya baru keluar, dan sudah sembuh, negatif semua," ungkap Ajay saat ditemui, Rabu (15/7/2020).

1. 68 warga sekitar yang ikut swab juga dinyatakan negatif

Hasil Swab Terbaru, 101 Personel Pusdikpom Cimahi Negatif COVID-19texastribune.org

Selain 101 personel Pusdikpom, Dinas Kesehatan Kota Cimahi juga sudah melakukan swab test terhadap 68 warga sekitar Pusdikpom. 68 warga itu merupakan daftar hasil tracing kasus personel positif sebelumnya.

"Warga juga sudah melakukan swab test, hasilnya alhamdulillah negatif semua. Semoga menjadi kabar baik," kata Ajay.

2. GTPP Cimahi tetap lakukan tracing

Hasil Swab Terbaru, 101 Personel Pusdikpom Cimahi Negatif COVID-19Dok. Humas Cimahi

Meski ratusan personel itu sudah dinyatakan sembuh, Ajay menyebutkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Cimahi tetap melakukan tracing atau pelacakan terhadap warga Cimahi yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif.

"Sepertinya masih (tracing) karena yang utama sudah sembuh nanti, kita tinggal secara keilmuannya penyebarannya kemana karena ini mesti tuntas," ujarnya.

3. Sisa 22 orang positif aktif

Hasil Swab Terbaru, 101 Personel Pusdikpom Cimahi Negatif COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Ajay menyampaikan, Kota Cimahi saat ini berstatus zona kuning dengan jumlah pasien saat ini berjumlah 22 orang positif aktif. Tercatat, dari 108 orang yang terkonfirmasi positif, sebanyak 88 orang sudah dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia.

"Sisanya sudah menuju sembuh semuanya. Status kita terakhir masih zona kuning," tandasnya.

4. 101 personel sebelumnya dinyatakan positif tanpa gejala

Hasil Swab Terbaru, 101 Personel Pusdikpom Cimahi Negatif COVID-19Secapa AD (secapaad.mil.id)

Sebelumnya, Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, 101 personel yang dinyatakan positif merupakan pasien dengan kondisi fisik baik atau tanpa gejala. Ratusan personel itu sebelum dinyatakan sembuh, mereka dirawat di ruang isolasi di lingkungan Pusdikpom.

"Sebetulnya yang terpenting kan mereka ini terpantau kondisi kesehatannya. Kita lakukan pemantauan kondisi kesehatan setiap hari dan mereka dalam kondisi yang sehat sebetulnya," kata Rini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya