Gelar Festival di Cimahi, Kemenpora Harap Pemuda Lebih Kreatif

Dispora diminta wadahi kreativitas pemuda

Cimahi, IDN Times - Melalui kegiatan Festival Pemuda Kreatif yang digelar di Lapangan Pemkot Cimahi, Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menggenjot agar para pemuda berkarya lebih kreatif.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk upaya membangun semangat para pemuda agar memiliki atensi besar dalam meningkatkan wawasan ekonomi kreatif.

"Selain memberikan motivasi, diharapkan ke depannya ada sinergi lebih untuk mendorong pemerintah daerah agar bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga," ujar Djunaidi di Cimahi, Sabtu (7/12).

1. Robot karya pemuda Cimahi dipamerkan

Gelar Festival di Cimahi, Kemenpora Harap Pemuda Lebih KreatifIDN Times/Bagus F

Dalam acara Festival Pemuda Kreatif itu, sejumlah karya-karya anak muda seperti kriya, grafika, fashion, film, musik, kuliner dan IT dipamerkan kepada publik. Djunaidi pun sempat memuji hasil karya anak-anak muda ini.

"Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu robotik dari mahasiswa salah satu perguruan tinggi. Saya kira robotnya bisa ditampilkan di festival atau lomba internasional," kata dia.

2. Festival digelar untuk memantik kreativitas

Gelar Festival di Cimahi, Kemenpora Harap Pemuda Lebih KreatifIDN Times/Bagus F

Atas kegiatan itu, Djunaidi berharap muncul watak kreatif bagi para pemuda. Menurutnya, untuk menumbuhkan kreativitas diawali dari keluarga, baru diperkuat di lingkungan, sekolah hingga perguruan tinggi.

Selain di Cimahi, Kemenpora sudah menggelar kegiatan serupa di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Kegiatan itu sudah digelar di Gorontalo, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Kupang hingga Timika. "Masih terbatas baru di sejumlah daerah, mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi," tuturnya.

3. Cimahi Techno Park wadah pemuda kreatif

Gelar Festival di Cimahi, Kemenpora Harap Pemuda Lebih KreatifIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Sekda Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan memgatakan, Pemkot Cimahi saat ini masih konsisten berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, salah satunya di sektor ekonomi kreatif.

"Kami bercita-cita menciptakan generasi muda Cimahi yang unggul yang siap bersaing. Jadi kegiatan ini harus benar-benar dimanfaatkan, harus diapresiasi," sebutnya.

Menurut Dikdik, Pemkot Cimahi sudah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk mendorong pemuda dalam meningkatkan kreatifitas, khususnya di sektor teknologi informasi.

"Belum lagi membicarakan apa yang kami lakukan di tingkat sekolah. Jadi ini semua kami lakukan agar memberikan manfaat positif untuk mempersiapkan generasi yang hebat," jelasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya