Geger! Kambing Mata Satu Kagetkan Warga Sumedang

Kelahiran kambing mata satu jadi tontonan warga

Sumedang, IDN Times - Seekor kambing bermata satu gegerkan warga Kampung Burujul, RT 03/03, Desa Cigentur, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang. Sontak kambing yang baru saja lahir itu menjadi tontonan warga.

Diketahui, anak kambing tersebut lahir dengan jenis kelamin betina pada Senin (22/6) sekitar pukul 11.00 WIB. Kambing itu lahir dengan cirak warna putih pada bagian tubuh dan warna hitam pada bagian kulit hingga kepala. Yang mengagetkan, di bagian kepala kambing tersebut hanya terdapat satu mata yang berada di bagian tengah kepala.

Sejak kambing bermata satu milik pasangan suami istri, Wawat Suryati dan Adi itu lahir, lokasi kandang kambing itu tak pernah sepi dikunjungi warga lantaran penasaran atas fenomena langka tersebut.

1. Kelahiran kambing mata satu bikin geleng kepala

Geger! Kambing Mata Satu Kagetkan Warga SumedangIDN Times/Bagus F

Pipih (60) warga sekitar yang ikut mengurus kambing tersebut mengatakan, proses kelahiran kambing bermata satu itu waktunya cukup lama jika dibandingkan dengan proses lahiran kambing yang lain.

Saat anak kambing itu lahir, Pipih mengaku cukup terkejut lantaran dirinya baru pertama kali menjumpai fenomena aneh itu. Meski memiliki kelainan, anak kambing itu lahir dengan kondisi selamat.

"Pas lahir saya bengong, kenapa bengong? Kok matanya hanya satu, padahal kambing yang kebanyakan matanya dua. Tapi kondisinya sehat hanya susah saat akan menyusu saja karena mulutnya kecil, jadi harus pake dot," kata Pipih, Selasa (23/6).

2. Mulut kambing mata satu juga berbeda dengan kambing normal

Geger! Kambing Mata Satu Kagetkan Warga SumedangPexels.com/Nandhu Kumar

Kambing mata satu itu lahir bersama satu kambing lainnya. Namun, kelahiran kambing kedua setelah kambing mata satu itu terlihat normal. Selain memiliki mata satu, kambing aneh tersebut juga memiliki mulut dengan bentuk lebih kecil dibanding kambing normal.

"Kalau yang pertama matanya kan satu, itu juga mulutnya kecil seperti kucing. Menyusu juga pake dot hanya bisa diteteskan saja. Yang satunya lahir normal," sebutnya.

3. Warga berharap fenomena aneh itu sebagai pertanda kebaikan

Geger! Kambing Mata Satu Kagetkan Warga Sumedangunsplash.com/peterllyod

Sementara itu, Ketua RW setempat Dedi (55), mengatakan, kemunculan kambing bermata satu tersebut baru pertama kali terjadi khususnya di Kampung Brujul. Tak mau berspekulasi lebih jauh, Dedi hanya berharap atas munculnya fenomena tersebut menjadi pertanda baik di tengah pandemi COVID-19.

"Ini (kambing bermata satu) baru pertama kali ada pada tahun ini. Ditemukannya kemarin pas lahir dan memang ada keanehan tersendiri," tuturnya.

"Semoga ini jadi pertanda baik dan keberkahan bagi semua warga sekitar," harapnya.

4. Kambing mata satu bikin warga penasaran

Geger! Kambing Mata Satu Kagetkan Warga SumedangIDN Times/Bagus F

Warga setempat, Yeyeh (56) mengatakan, dirinya datang ingin menyaksikan lantaran penasaran langsung fenomena aneh itu. Yeyeh mengaku dirinya cukup kaget atas kelahiran anak kambing bermata satu itu. Menurutnya, fenomena itu merupakan sebuah keajaiban.

"Kalau menurut saya, ini hanya suatu keanehan saja. Saya tahunya kemarin, anak kambing itu ada dua. Satu ekor normal dan satu lagi matanya satu," kata Yeyeh.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya