Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan Ini

Pengelola siapkan protokol kesehatan era new normal

Bandung Barat, IDN Times - Menjelang penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), sejumlah pengelola wisata mulai menyiapkan protokol pencegahan COVID-19. Protokol kesehatan tersebut menyambut hendak dibukanya kembali objek wisata yang sudah dua bulan mati suri.

Satu dari sejumlah objek wisata di kawasan Lembang yang tengah kembali mempercantik diri yakni The Lodge Maribaya. Sebelum mulai beroperasi, pengelola melakukan sterilisasi wahana-wahana dan lokasi swafoto ikonik.

1. Kemungkinan buka di pekan ketiga bulan Juni

Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan IniIDN Times/Bagus F

Kepala Komunikasi dan Marketing The Lodge Group, Fauziah Setia Puji mengatakan, tempat wisatanya kemungkinan bisa buka kembali pada minggu ketiga bulan Juni 2020 mendatang. Namun, ia tetap masih menunggu arahan pemerintah.

"Untuk saat ini, The Lodge Maribaya kemungkinan akan buka pada minggu ketiga bulan Juni ini. Itu pun menunggu arahan pemerintah. Tapi, kami juga sudah siapkan protokol kesehatan sesuai era new normal untuk tempat wisata," ungkap Puji saat ditemui, Kamis (4/6).

2. Tiket dijual online

Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan IniIDN Times/Bagus F

Berbeda dengan sebelum pandemi COVID-19, The Lodge Maribaya harus menerapkan protokol kesehatan yang mengubah pola liburan. Puji menyebutkan, jika sebelumnya pengunjung tidak dibatasi, maka saat era new normal kapasitas hanya boleh masuk 30 persen dari luas area.

"Antrean juga tidak lagi panjang seperti dulu, harus dikasih jarak sesuai aturan dari pemerintah. Untuk pembelian tiket kita juga arahkan ke online. Hal itu untuk menghindari juga transaksi uang tunai," kata Puji.

Sebenarnya, mereka tetap akan melayani pengunjung yang belum mengetahui cara pembelian tiket melalui jaringan internet. Namun, bagi pengunjung yang membeli tiket melalui online, The Lodge Maribaya menyediakan diskon.

3. Jumlah pengunjung akan dibatasi

Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan IniIDN Times/Bagus F

Puji menjelaskan, dengan lahan seluas 3 hektare, The Lodge Maribaya mampu menampung lima sampai 10 ribu pengunjung. Jika mengikuti protokol kesehatan new normal untuk tempat wisata, The Lodge Maribaya mampu menampung sekitar seribu pengunjung.

"Tetapi, kita menunggu arahan dari pemerintah. Jadi pemerintah daerah setempat yang menentukan berapa jumlah pengunjung yang boleh masuk. Itu yang kita ikuti," ujarnya.

4. Pemda KBB tunggu jawaban Kemenkes

Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan IniIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Sri Dustirawati mengatakan, pembukaan objek wisata belum bisa dipastikan. Pemerintah daerah masih menunggu arahan dari pemerintah pusat untuk pembukaan.

"(Pembukaan wisata) belum bisa dipastikan. Kata Pak Bupati, pemerintah daerah masih harus menunggu jawaban dari Menkes dulu," kata Sri.

5. Pengelola wisata diminta perhatikan kapasitas

Dua Bulan Mati Suri, The Lodge Maribaya Akan Dibuka Bulan IniIDN Times/Bagus F

Sri meminta, jika nanti mulai beroperasi, pengelola wisata harus memperhatikan kapasitas dengan membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

Untuk lokasi wisata maksimal 30 persen pengunjung, dengan jam operasional dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan untuk hotel dan kafe atau restoran maksimal 50 persen pengunjung dari kapasitas.

"Untuk mencegah kemacetan arus lalu lintas ke wilayah Kabupaten Bandung Barat maka pihak pengusaha tempat wisata, hotel dan restoran diimbau untuk menerapkan tiket digital atau reservasi melalui media online terlebih dahulu," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya