Ditiup Angin Kencang, Jembatan Apung di Perairan Waduk Saguling Putus 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu

Bandung Barat, IDN Times - Jembatan apung penghubung dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) putus. Jembatan apung yang berada di atas perairan Waduk Saguling itu putus akibat diterjang hujan deras dan angin kencang yang menerjang wilayah itu pada Sabtu 6 Maret 2021 sore.

Jembatan apung itu merupakan jembatan yang menghubungkan Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar dengan Desa Girimukti, Kecamatan Saguling. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

1. Putus akibat diterjang angin kencang

Ditiup Angin Kencang, Jembatan Apung di Perairan Waduk Saguling Putus Jembatan Surapatin, Bandung Barat. (Istimewa)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, peristiwa putusnya jembatan apung yang berada di perairan waduk Saguling itu diakibatkan adanya angin kencang.

"Jembatan apung Pangauban putus akibat terbawa angin. Kejadian angin kencang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB," kata Duddy, Sabtu (6/3/2021).

2. Pengendara harus putar balik

Ditiup Angin Kencang, Jembatan Apung di Perairan Waduk Saguling Putus Jembatan apung, Bandung Barat. (Istimewa)

Duddy menyampaikan, angin kencang yang menerjang wilayah Batujajar itu memporak-porandakan jembatan sepanjang 425 meter dan lebar jalan 4 meter. Akibatnya, transportasi antar dua Desa itu terpaksa harus memutar mencari jalu alternatif lain.

"Saat ini jembatan tidak bisa dilalui. Pengendara terpaksa harus memutar melalui jalur lain," ujar Duddy.

3. Tidak ada korban jiwa

Ditiup Angin Kencang, Jembatan Apung di Perairan Waduk Saguling Putus Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo. (IDN Times/Bagus F)

Beruntung, pengendara atau pun warga berhasil mengevakuasi diri saat peristitiwa terjadi. Sampai saat ini, BPBD mencatat tidak ada korban jiwa atas hancurnya jembatan itu.

"Tidak ada korban jiwa saat ini petugas masih melakukan asesment di lapangan bersama unsur kecamatan dan desa," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya