Dilema Wisatawan Lembang, Antara Takut Corona atau Stres di Rumah

Wisatawan outdoor paling diburu di tengah pandemi

Bandung Barat, IDN Times - Di tengah pandemi COVID-19, liburan menjadi pilihan untuk mengatasi kebosanan. Kawasan Lembang menjadi tujuan para wisatawan lantaran kesejukan udara dan keindahan panoramanya.

Menjadi dilema, memang, antara was-was adanya pandemi COVID-19 di tengah kerumunan massa atau bosan dengan kegiatan di rumah melulu. Ragam alasan para wisatawan memilih tetap berlibur warnai keramaian objek wisata.

1. Stres berbulan-bulan karena kuliah online

Dilema Wisatawan Lembang, Antara Takut Corona atau Stres di RumahIlustrasi wisatawan di kawasan Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Herawati Salsabila (20 tahun), wisatawan asal Karawang mengaku stres lantaran beberapa bulan ini berkegiatan di rumah. Hera merupakan seorang mahasiswi Universitas Pelita Harapan (UPH). Kejenuhan itu dirasakan dera sejak ia menjalankan perkuliahan jarak jauh melalui daring.

"Kuliah kan online sejak ada COVID-19. Saya juga jarang keluar rumah. Sebenarnya sih khawatir juga, tapi bosan di rumah terus, stres," ujar Hera saat ditemui di Lembang, Minggu (23/8/2020).

Bersama keluarga, kawasan wisata Lembang menjadi destinasi wisata yang ia pilih. Wisata alam terbuka dengan area yang luas lebih dipilih Hera, Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu dinilainya lebih aman untuk bisa menjaga jarak antar pengunjung.

2. Mumet garap skripsi

Dilema Wisatawan Lembang, Antara Takut Corona atau Stres di RumahIlustrasi wisatawan di kawasan Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Cindy Novendria (23), mahasiswi akhir UNJANI lebih memilih berkemah di kawasan Gunung Putri Lembang. Menurutnya, keindahan panorama dari ketinggian pegunungan Lembang bisa menjadi healing dari stres akibat padatnya tugas akhir.

"Setiap hari saya di kosan ngerjain skripsi sama tugas-tugas dari kampus rasanya penat banget. Niatnya, wisata outdoor di Lembang bisa sedikit banyaknya melonggarkan dari mumetnya skripsi," kata Cindy.

3. Tetap was-was dengan penyebaran COVID

Dilema Wisatawan Lembang, Antara Takut Corona atau Stres di RumahGoogle image

Bukan tidak takut COVID-19, Cindy tetap merasa khawatir jika banyak perkumpulan massa. Maka dari itu, Cindy tak pernah melepas masker saat beraktivitas di ruang publik.

"Takut juga sih sama COVID-19. Sebisa-bisa kita tetap jaga kesehatan, pakai masker dan rajin cuci tangan," tuturnya.

4. Menyesuaikan kebiasaan baru

Dilema Wisatawan Lembang, Antara Takut Corona atau Stres di RumahIlustrasi wisatawan di kawasan Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Lain hal dengan Ahmad Rafli (32). Wisatawan asal Jakarta ini sengaja berlibur ke kawasan Lembang untuk memanfaatkan long weekend. Bersama istri dan anaknya, Rafli menyatakan siap menghadapi kebiasaan baru di tengah pandemi.

"Ini libur panjang sudah dua kali, pekan kemarin sama pekan ini. Kita manfaatkan untuk jalan-jalan sama anak-anak supaya terbiasa pakai masker," paparnya.

Liburan kali ini, Rafli memilih Floating Market dan The Great Asia Africa sebagai tujuan wisata. Menurutnya, objek wisata tersebut memiliki keunikan dan kenyamanan dibalut kesejukan udara Lembang yang tak ia dapat di daerah asalnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya