Diguyur Hujan Seharian, Lembang Kembali Diterjang Banjir dan Longsor

Banjir merendam 13 rumah di Desa Cikole

Bandung Barat, IDN Times - Bencana longsor dan banjir kembali menerjang wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat ada dua titik banjir dan satu titik longsor yang terjadi di Kecamatan Lembang.

Banjir dan longsor ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu cukup lama mengguyur wilayah Kecamatan Lembang pada Selasa, 19 Oktober 2021 kemarin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam tuga peristiwa bencana tersebut.

1. Ada 13 rumah terendam banjir, 2 keluarga mengungsi

Diguyur Hujan Seharian, Lembang Kembali Diterjang Banjir dan LongsorIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, hujan deras yang mengguyur Bandung Barat khususnya di kawasan Lembang mengakibatkan adanya tanah bnajir dan tanah longsor di beberapa titik.

"Banjir terpantau merendam 13 rumah di Kampung Babakan RT 01 dan RT 02 RW09 Desa Cikole, Kecamatan Lembang. Banjir di wilayah ini terpantau terjadi sejak kemarin sekitar jam 14.30 WIB," kata Duddy, Rabu (20/10/2021).

Dari 13 rumah yang terendam, 2 keluarga terpaksa harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Petugas baik dari BPBD maupun aparat sudah diterjunkan pada hari ini untuk melakukan assessment dan pembersihan material sisa banjir.

2. Pengendara sempat terseret arus di Jalan Tangkuban Parahu

Diguyur Hujan Seharian, Lembang Kembali Diterjang Banjir dan LongsorIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Banjir di titik lainnya pun terjadi di Jalan Raya Tangkuban Parahu tepatnya di Desa Cibogo, Kecamatan Lembang. Banjir ini terjadi akibat meluapnya air dari saluran irigasi di tepi jalan raya.

Aliran irigasi di ruas jalan tersebut tidak bisa menampung air lalu meluap ke jalan menurun dari arah Cikole ke Cibigo. Akibat jalan menurun tersebut, arus air menjadi semakin deras.

"Banjirnya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB kemarin. Beberapa pengendara sempat terseret arus air. Namun situasi aman terkendali setelah hujan berhenti pukul 17.30 WIB," papar Duddy.

3. Tebing setinggi 12 meter longsor di Cikole

Diguyur Hujan Seharian, Lembang Kembali Diterjang Banjir dan LongsorLongsor di Lembang Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Selain banjir, tebing setinggi 12 meter di RT 05 RW 06 Desa Cikole, Kecamatan Lembang juga mengalami longsor. Material longsor tersebut menimpa sebuah rumah yang berada di bawahnya.

"Satu Rumah rusak berat milik Ade, sementara empat rumah di sekitarnya terancam. Petugas kami terjunkan untuk assesment dan pembersihan material longsor," tutur Duddy.

4. Kesaksian warga saat longsor terjadi

Diguyur Hujan Seharian, Lembang Kembali Diterjang Banjir dan LongsorLongsor di Lembang Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Longsor di Desa Cikole ini merupakan longsor kali kedua setelah dua hari sebelumnya longsor menimpa sebuah rumah milik warga. Iim, salah satu warga yang juga terdampak menyaksikan betul detik-detik longsor itu terjadi.

"Jam 14.30 WIB kemarin hujan deras, saya sedang di dalam rumah. Ketika melihat keluar, sudah terjadi longsor, kami panik," tutur Iim.

Beruntung, rumah Iim tidak mengalami kerusakan, hanya saja akses keluar masuk sementara tidak bisa dilewati. Longsor tebing tepat berada di belakang rumah warga, total tiga rumah terancam.

"Tadi di rumah bersama dua anak, istri dan emak, semuanya selamat. Kerusakan rumah enggak ada, cuma akses tidak bisa dilewati," kata Iim.

Baca Juga: Longsor Hingga Banjir Bandang Terjang Tiga Desa di Bandung Barat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya