Dari Klaster Lembang, Satu Pasien Corona Asal Cimahi Meninggal Dunia

Pasien meninggal dunia saat dirawat di RSHS Bandung

Cimahi, IDN Times - Pasien positif yang meninggal dunia dari klaster Lembang terus bertambah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengonfirmasi ada seorang pasien warga Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, berstatus positif Corona Virus meninggal dunia.

Kepala Dinkes Kota Cimahi, drg. Pratiwi, mengatakan pasien positif itu merupakan seorang pria. Yang bersanhkutan meninggal dunia saat menjalani perawan di ruang isolasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (30/3).

"Betul ada satu lagi pasien terkonfirmasi positif corona virus. Meninggal dunia kemarin di RSHS," kata Pratiwi saat ditemui, Selasa (31/3).

1. Terpapar dari kegiatan keagamaan di Lembang

Dari Klaster Lembang, Satu Pasien Corona Asal Cimahi Meninggal DuniaIlustrasi pasien. IDN Times/Aji

Saat ini, Dinkes Cimahi masih melakukan tracing riwayat kontak dan perjalanan pasien positif itu. Dari data sementara, pasien tersebut masuk dalam klaster penyebaran corona virus di seminar keagamaan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang digelar pada 3 sampai 5 Maret lalu.

"Iya kontak dengan yang ikut seminar keagamaan di Lembang. Tapi kami masih tracing juga kontak eratnya dengan siapa saja. Orang dekatnya sudah mengisolasi diri," ujarnya.

2. Di Cimahi, meninggal positif sebanyak 3 orang

Dari Klaster Lembang, Satu Pasien Corona Asal Cimahi Meninggal DuniaIlustrasi pemakaman pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Atas meninggalnya pasien positif itu, pasien positif yang meninggal dunia di Kota Cimahi menjadi 6 orang. Saat ini, tercatat ada 6 pasien terkonfirmasi positif. Sementara ada 110 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 13 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Sampai saat ini ada 6 pasien positif di Kota Cimahi. 3 orang pasien meninggal dunia dan 3 orang pasien lagi isolasi mandiri dan dan isolasi di rumah sakit," sebutnya.

3. Satu pasien menunggu hasil swab

Dari Klaster Lembang, Satu Pasien Corona Asal Cimahi Meninggal DuniaThe Times

Sementara itu, lanjut Pratiwi, masih ada satu pasien berstatus PDP yang masih menunggu hasil swab tes untuk dipastikan positif corona virus atau tidaknya.

"Ada seorang lagi, dia masih berkaitan dengan pasien positif yang meninggal di RS Dustira. Saat ini masih PDP, karena hasil swab tesnya belum keluar," tambahnya.

4. Pasien positif Cimahi terpapar dari luar kota

Dari Klaster Lembang, Satu Pasien Corona Asal Cimahi Meninggal DuniaIlustrasi Masker (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Pratiwi memastikan, seluruh pasien yang berstatus positif di Kota Cimahi, merupakan pasien yang terpapar dari luar Kota Cimahi. Seluruh kontak erat pasien, menurutnya sudah dilakukan isolasi diri dengan dipantau langsung oleh RT, RW dan Puskesmas terdekat.

"Semua pasien positif terpapar dari luar Kota Cimahi. Sebisa mungkin, kita berupaya untuk menghentikan persebaran COVID-19 sampai angka hari ini," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya