Bupati Bandung Barat Diperiksa KPK, Hengki Kurniawan Buka Suara

Puluhan kantor dinas dan puluhan pejabat sudah diperiksa KPK

Bandung Barat, IDN Times - Dugaan kasus tindak pidana korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun Anggaran 2020 masih dalam penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam dua pekan terakhir, Lembaga Antirasuah itu telah melakukan penggeledahan terhadap sepuluh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Bandung Barat, dan memeriksa sekitar 20 orang saksi, terdiri dari ASN dan swasta.

Kasus itu juga menyeret nama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta anaknya Andri Wibawa dan seorang pengusaha Totoh Gunawan. Mereka diduga melakukan pemufakatan jahat terkait pengadaan barang untuk Bansos COVID-19.

1. Roda pemerintahan harus tetap berjalan

Bupati Bandung Barat Diperiksa KPK, Hengki Kurniawan Buka SuaraKPK periksa kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Times/Bagus F)

Menanggapi itu, Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan buka suara. Ia memastikan roda pemerintahan harus tetap berputar meski kasus tengah menerpa Pemkab Bandung Barat. Yang utama, menurutnya, pemerintah bisa memastikan pelayanan terhadap masyarakat agar berjalan seperti biasa.

"Tentu kami prihatin tetapi tetap harus optimis berdoa yang terbaik. Bagaimana pun juga kita harus meyakinkan masyarakat bahhwa roda pemerintahan tetap jalan," ujar Hengky Kurniawan saat ditemui, Rabu (31/3/2021).

2. Kedepankan azas praduga tak bersalah

Bupati Bandung Barat Diperiksa KPK, Hengki Kurniawan Buka SuaraTim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Santernya isu yang berkembang di masyarakat khususnya Bandung Barat, berdampak ada beragam opini publik yang berkembang. Menyikapi itu, Hengki minta agar masyarakat tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah demi menjaga hak-hak kemanusiaan nama-nama yang terseret kasus.

"Tetap kita juga mengedepankan asas praduga tak bersalah pokonya minta doanya saja lah, karena kekuatan doa ini kan luar biasa. Perlu kita sama-sama untuk mengetuk pintu langit agar KBB lebih baik," kata Hengki.

3. Kegiatan Hengki jadi lebih padat

Bupati Bandung Barat Diperiksa KPK, Hengki Kurniawan Buka Suarainstagram.com/hengkykurniawan

Selain pelayanan publik, peran pemerintah yang tetap harus berjalan optimal adalah upaya pengendalian Pandemik COVID-19. Ia mengaku di tengah situasi tersebut porsi kegiatannya jadi bertambah. Agenda dinas yang musti dihadiri oleh Bupati pun banyak digantikan olehnya.

"Ya porsi makanan sehari hari juga meningkat, karena dari pagi kegiatannya cukup besar," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya