Berseragam SMA, KPPS di Bandung Protes Pilkada Serentak 2020

Di tengah pandemik, pilkada jalan terus. Sekolah tutup!

Bandung, IDN Times - Ada yang berbeda pada aktivitas pemungutan suara di TPS 03 Kampung Cikondang, RT 02 RW 04 Desa Lamajang, Kecamatan Cikondang, Kabupaten Bandung.

Sejumlah petugas KPPS di TPS tersebut kompak mengenakan seragam sekolah. Di tengah kondisi pandemi, berbagai kegiatan yang melibatkan kerumunan terpaksa harus dihentikan.

Tak terkecuali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Meski demikian, Pilkada serentak tetap maksa digelar di tengah pandemi yang semakin menggila.

Aksi petugas KPPS ini sebagai bentuk protes terhadap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemik COVID-19 yang jalan terus. Sementara, kegiatan belajar siswa dihentikan.

1. "Kami sedih, sekolah belum dibuka tapi pilkada bisa"

Berseragam SMA, KPPS di Bandung Protes Pilkada Serentak 2020Petugas KPPS di PilkadaBandung kompak kenakan seragam SMA. (IDN Times/Bagus F)

Seakan bentuk protes, sejumlah petugas KPPS kompak memakai seragam putih abu-abu saat pemungutan suara di TPS. Ketua KPPS 03 Cikondang sekaligus Ketua RW setempat, Karsidin (41 tahun) mengatakan, kostum seragam SMA itu sengaja dipakai berdasar kesepakatan anggota KPPS.

"Kami sepakat memakai kostum seragam SMA, karena kami sedih sekolah belum dibuka, tapi Pilkada bisa," kata Karsidin di TPSnya, Rabu (9/12/2020).

2. Belajar jarak jauh dinilai tidak efektif

Berseragam SMA, KPPS di Bandung Protes Pilkada Serentak 2020Petugas KPPS di PilkadaBandung kompak kenakan seragam SMA. (IDN Times/Bagus F)

Sebagai orang tua, Karsidin mengaku dirinya sudah pasrah pada kondisi kebijakan belajar online. Anaknya selama hampir satu tahun ini sudah merasa jenuh. Menurutnya, pembelajaran jarak jauh tidak efektif untuk proses pendidikan.

"Kita berharap sekolah seperti biasa lagi. Terlalu lama di rumah jenuh. Belajar jarak jauh juga tidak efektif," kata Karsidin.

3. Meminta sekolah tatap muka segera dibuka

Berseragam SMA, KPPS di Bandung Protes Pilkada Serentak 2020Petugas KPPS di PilkadaBandung kompak kenakan seragam SMA. (IDN Times/Bagus F)

Tuntutannya hanya satu, Karsidin hanya meminta sekolah segera buka kembali. Karsidin khawatir, satu generasi pandemi ini mengalami kemunduran berpikir. Baik secara kognitif, afeksi maupun psikomotorik.

"Mudah-mudahan dengan memakai seragam sekolah ini, bisa mendorong lembaga pendidikan membuka kembali sekolah," harap Karsidin.

4. Protokol kesehatan di TPS dipastikan ketat dijalankan

Berseragam SMA, KPPS di Bandung Protes Pilkada Serentak 2020Petugas KPPS di PilkadaBandung terapkan protokol kesehatan. (IDN Times/Bagus F)

Namun demikian, KPPS memastikan berjalannya proses pemungutan suara di TPS 03 berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Penggunaan masker, cuci tangan dan pengaturan jadwal pemilih untuk mengurai kerumunan dipastikan berjalan sesuai aturan.

Sebelum masuk area TPS, petugas KPPS juga mengecek suhu pemilih. Jika ada pemilih yang bersuhu tinggi, KPPS menyediakan tempat pencoblosan khusus bagi warga yang suhunya di atas 37,7 derajat celcius.

"Kita pastikan pencoblosan di TPS ini sesuai standar Covid-19," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya