Belasan Pemilik Brand Lokal Bandung Bangun Ruang Diskusi Store Less

Acara tersebut akan digelar akhir pekan ini.

Bandung, IDN Times - Belasan pemilik jenama lokal Bandung yang tegabung dalam Kartel Lokal Chapter Bandung akan gelar temu wacana berbagi pengalaman dalam event Store Less.

Event tersebut akan mempertemukan pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya (B2B) dan para pelaku bisnis dengan pembelinya secara langsung (B2C). Hadir pula komunitas yang siap memaparkan pengalaman dan gagasannya dalam membangun ekosistem pasar masing-masing.

1. Kartel Lokal buat Store Less sebagai wadah sharing

Belasan Pemilik Brand Lokal Bandung Bangun Ruang Diskusi Store LessIDN Times/Bagus F

"Kita memang mengarah ke beberapa sektor yang kita pikir di Bandung ini kayanya harus ada sharing 'cuan'. Sharing 'cuan' itu, kita sesama yang punya brand, yang baru berbisnis, itu bisa ketemu," ungkap Dewan Pembina Kartel Lokal, Agit Bambang S., saat Konferensi Pers di ex-NIION Office, Jalan Tikukur nomor 10 Kota Bandung, Jumat (27/9).

Ruang sharing yang dinamai Store Less dibuat oleh para pemilik jenama di Kota Bandung yang menyebut dirinya sebagai Kartel Lokal. Alasan disebut Store Less karena para Jenama kuat pada bisnis online.

"Perkumpulan ini ingin menunjukkan ciri khas, identitas, budaya dan kearifan lokal tanah kelahirannya dengan pendekatan yang modern dan berdampak dari berbagai macam sisi, mulai dari ekonomi, sosial, hingga politik," sebutnya.

Dia mengatakan, acara tersebut akan digelar selama tiga hari dengan konten retail B2C, dealing B2B, dan Talk Sessions.

2. Melemahnya gerakan kreatif jadi pemantik

Belasan Pemilik Brand Lokal Bandung Bangun Ruang Diskusi Store LessIDN Times/Galih Persiana

Agit mengatakan, event tersebut digelar atas refleksi dari melemahnya gerakan kreatif di Bandung. Hal tersebut terlihat dari minimnya event-event yang digelar oleh brand-brand di Bandung.

"Bandung ini gudangnya industri kreatif Indonesia. Tapi kita melihat ada problema di Bandung, tidak seaktif dulu pergerakannya. Brand-brandn-nya tetap banyak, tetap berkembang secara bisnis, tapi kalau dulu itu terasa banget setiap sudut kota ada aktivasi ruang yang dibuat oleh brand-brand," papar Agit.

3. Store Less diharap menjadi ekosistem kewirausahaan

Belasan Pemilik Brand Lokal Bandung Bangun Ruang Diskusi Store LessIDN Times/Galih Persiana

Agit menngatakan, digelarnya event tersebut bertujuan untuk membuat ekosistem kewirausahaan lebih berkelanjutan dan menciptakan budaya yang baik. Hingga pada akhirnya, pihaknya mampu membuat Kartel Lokal menjadi acara baru yang tidak pernah ada di Indonesia sebelumnya.

"Tujuan lainnya untuk menggerakkan gerakan lokal dan menghilangkan ego atau bahkan kesenjangan untuk setiap merek atau komunitas lainnya," paparnya.

Selain itu, event tersebut juga diharapkan mampu menjadi wadah silaturahmi dan memperluas jaringan antar pemilik brand, baik untuk kolaborasi, berbagi pengalaman, dan hal-hal yang tak bisa dilakukan via online.

"Terus kita bisa menunjukkan bahwa satu ekosistem ini semuanya bisa ngumpul. Mulai dari brand lokal yang sifatnya fashion, makanan sampai komunitas komunitas yang seperti motor. Sebenarnya semuanya ini saling bersinggungan," jelasnya.

4. Rencana akan buat acara lebih besar

Belasan Pemilik Brand Lokal Bandung Bangun Ruang Diskusi Store LessIDN Times/Bagus F

Selepas dari acara tersebut, Agit mengatakan pihaknya memiliki rencana akan gelar acara serupa dengan cakupan yang lebih luas.

"Kami kepikiran akan bikin acara yang sifatnya nasional, dimulai dari hal kecil ini yang bisa jadi trade show atau pameran dagang," tambah Agit.

Dia mengatakan, dalam perkumpulannya, tidak sedikit brand lokal yang sudah mendunia. Dia berharap brand yang sudah mendunia tersebut mampu menular ke jenama lokal lain.

"Ada banyak brand lokal yang sebenarnya sudah dapat kontrak penjualan sampai ke luar negeri. Nah kenapa hal itu enggak kita pelajari, juga sehingga menular ke brand lokal yang lain," tutupnya.

Berikut daftar jenama lokal yang akan hadir dalam kegiatan Kartel Lokal Chapter Bandung:

1. NIION

2. CHIEL Shoes

3. INSURGENT Club

4. SAVE MY MONDAY

5. JACKHAMMER

6. SHOESAYHELP

7. PATTENT GOODS

8. FOOTSTEP

9. TAILORWERK

10. NORTHY

11. GROOT WHATCH

12. AMBLE

13. TERREL

14. WALLTS

15. MIRACLE MATES

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya