Comscore Tracker

Banyak Bangunan Sejarah, Padalarang Bakal Jadi Kota Tua Bandung Barat

Kawasan Padalarang memiliki kekayaan bangunan sejarah

Bandung Barat, IDN Times - Kawasan Padalarang diwacanakan bakal dijadikan sebuah kawasan wisata Kota Tua. Wacana itu berangkat dari banyaknya bangunan tua yang tercatat di kawasan Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Bangunan-bangunan tua di kawasan Padalarang ini merupakan bangunan yang memiliki nilai sejarah. Bangunan-bangunan tua ini menjadi saksi sejarah sejumlah peristiwa masa lalu, terlebih di era Hindia Belanda. Sebut saja, Pabrik Kertas Padalarang, Stasiun Padalarang, Komplek Perumahan di Gedong Lima, dan Bangunan bekas Kawedanan Padalarang. 

1. Wacana Kota Tua berangkat dari banyaknya bangunan tua di Padalarang

Banyak Bangunan Sejarah, Padalarang Bakal Jadi Kota Tua Bandung BaratJepretan udara PN Kertas Padalarang. (dok. Nationaal Museum van Wereldculturen)

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Kepurbakalaan Disparbud Bandung Barat, Asep Diki Hidayat mengatakan, wacana ini berangkat dari banyaknya bangunan tua di kawasan Padalarang yang saling berdekatan.

Melihat sejumlah bangunan heritage yang berjajar di area tersebut, Indonesia Hidden Heritage (IHH) akhirnya mengusulkan untuk dijadikan sebuah kawasan Kota Tua.

"Saat mereka melewati PN Kertas dan Stasiun Padalarang, di situ mereka tertarik, termasuk salah satu tim ahli cagar budaya (TACB) juga bersepakat untuk melakukan kajian," kata Asep, Senin (4/9/202).

"IHH sempat menyebut bahwa kawasan Padalarang memiliki potensi luar biasa, sementara jika dilihat oleh masyarakat awam Padalarang hanya kawasan biasa. Tapi, dari sisi kacamata yang terbiasa berkunjung ke berbagai daerah dan negara, mereka bisa menemukan potensi yang luar biasa di Padalarang," tambahnya.

2. Empat bangunan tua di kawasan Padalarang

Banyak Bangunan Sejarah, Padalarang Bakal Jadi Kota Tua Bandung BaratBangunan tua di Kawasan Padalarang. (Istimewa)

Sedikitnya, ada empat bangunan yang memiliki peranan cukup besar dalam gerak masyarakat masa lalu. Empat bangunan tua itu yakni Stasiun Padalarang yang sudah mulai beropersi sekitar tahun 1884, Pabrik Kertas Padalarang yang berdiri sejak 1922, Kawedanan Padalarang yang kini menjadi Kantor DPRD KBB, dan komplek perumahan petinggi Pabrik Kertas di Jalan Gedong Lima.

"Kemarin kebetulan ada pendataan dari Bapelitbangda soal potensi ekonomi. Kita akan masukkan rencana pembentukan Padalarang sebagai Kota Tua dalam kategori potensi ekonomi dan juga pengembangan Goa Pawon sebagai wisata prehistoric, sebagai langkah awal," kata Asep.

3. Bakal gandeng Itenas untuk kaji arsitektur

Banyak Bangunan Sejarah, Padalarang Bakal Jadi Kota Tua Bandung BaratStasiun Padalarang. (IDN Times/Bagus F)

Rencananya, Disparbud bakal menggandeng Institut Teknologi Nasional (Itenas) untuk melakukan kajian terkait arsitektur bangunan-bangunan tua tersebut. Hasil kajian ini nantinya akan dipakai untuk menjadi acuan pembentukan wacana Kota Tua Padalarang.

Jika hasil kajian memungkinkan untuk dijadikan kawasan wisata sejarah, maka wacana Kota Tua ini akan lanjut. 

"Ini akan dikemas melalui program kampus, yakni melalui program pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh mahasiswa Itenas, khususnya program studi arsitektur."

4. Kota Tua untuk melindungi bangunan heritage dari derasnya modernisasi

Banyak Bangunan Sejarah, Padalarang Bakal Jadi Kota Tua Bandung BaratGedung-gedung yang berlokasi di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Wacana Kota Tua Padalarang ini merupakan bentuk perlindungan terhadap bangunan-bangunan tua di kawasan Padalarang, di mana pembangunan dan modernisasi di kawasan Padalarang sedang masif. Dengan demikian Kota Tua Padalarang bisa menjadi daya dukung majunya ekonomi di kawasan Padalarang.

"Kalau memang menunjang perekonomian masyarakat sekitar, ya jangan dilepaskan, karena jika melihat Kota Tua Jakarta dan Semarang ternyata bisa mendorong perekonomian masyarakat sekitarnya," tutupnya.

Baca Juga: 9 Potret Menakjubkan Kota Tua Bagan di Myanmar, Kota Seribu Candi!

Baca Juga: Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat Sejarah

Baca Juga: Jalur KA Cianjur-Padalarang Hidup Lagi, Menhub Resmikan hingga Cipatat

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya