Banjir Terjang 3 Desa Gunung Halu KBB, 137 Orang Menjadi Korban

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras pada Kamis (26/3) sore hingga malam di sejumlah wilayah di Jawa Barat, berujung pada peristiwa banjir bandang yang menerjang permukiman dan persawahan milik warga di Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Saat ini, banjir di sana telah surut.

Camat Gunung Halu, Hari Mustika melaporkan, data sementara mencatat adanya 15 rumah warga terdampak. Selain itu, ada satu buah pondok pesantren juga yang terendam.

"Jumlah KK yang terdampak 15 KK dengan 137 jiwa. Kenapa jumlahnya 137 jiwa, karena di dalamnya ada satu pondok pesantren yang terkena yaitu Pondok Pesantren Al Jihad," ungkap Hari saat dihubungi, Kamis (26/3).

1. Tidak ada korban jiwa

Banjir Terjang 3 Desa Gunung Halu KBB, 137 Orang Menjadi KorbanIDN Times/Istimewa

Hari memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, tidak sedikit material warga yang tidak sempat diselamatkan saat peristiwa terjadi.

"Tidak ada korban jiwa. hanya saja kerugian kerugian material jelas ada terutama pada warga yang rumahnya tergenang," kata Hari.

2. Sementara, ada tiga Desa yang terdampak

Banjir Terjang 3 Desa Gunung Halu KBB, 137 Orang Menjadi KorbanIDN Times/Istimewa

Dari data sementara, Hari menyebutkan ada tiga desa yang terdampak dari peristiwa itu. Tiga desa itu yakni Desa Gunung Halu, Desa Sirnajaya dan Desa Bunijaya.

"Lokasi yang terkena imbas, di Desa Gunung Halu ada beberapa titik terutama di wilayah persawahan. Selanjutnya di Desa Sirnajaya ada beberapa rumah tergenang, posisinya memang berada di badan sungai. Dan di Desa Buni Jaya ada beberapa rumah," terangnya.

3. Warga terdampak mengungsi ke kerabat terdekat

Banjir Terjang 3 Desa Gunung Halu KBB, 137 Orang Menjadi KorbanDok. BPBD KBB

Warga yang terdampak saat ini sudah mengungsi sementara ke rumah kerabat atau saudara terdekat. Di lokasi, petugas sudah disiagakan untuk mengantisipasi jika ada banjir susulan.

"Sampai saat ini langkah yang kita lakukan yakni pengecekan ke lokasi, kemudian mengungsikan warga yang terdampak dan mendata bangunan yang terkena," paparnya.

"Mudah-mudahan besok kita bisa mendapatkan data yang lebih utuh. kita akan mendata ulang sekaligus melakukan pembersihan sisa material banjir," imbuhnya.

4. Banjir diakibatkan karena meluapnya sungai Cidadap

Banjir Terjang 3 Desa Gunung Halu KBB, 137 Orang Menjadi KorbanDok. BPBD KBB

Hari menjelaskan, banjir bandang yang terjadi itu diakibatkan karena intensitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang cukup lama di wilayah itu. Akibatnya, aliran air di sungai Cidadap meluap dan menerjang sejumlah permukiman warga dan lahan pertanian.

"Banjir diakibatkan karena hujan deras sejak pukul 14.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, hingga ketinggian air naik kurang lebih 2 meter dan mengakibatkan kerusakan," jelasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya