Awasi Malam Tahun Baru, Yana Mulyana Keliling Kota Bandung Pantau Keramaian

Empat ruas jalan rawan keramaian juga diawasi polisi

Bandung, IDN Times - Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana melakukan pemantauan jelang malam tahun baru. Sejumlah ruas jalan dan pusat keramaian masyarakat tak luput dari pemantauan.

"Ahamdulillah tadi saya bersama seluruh camat dan kepala OPD berkeliling Bandung. Tadi saya keliling di pusat keramaian, alhamdulillah lancar dan saya memantau jemnayan pasopati mudah-mudahan tetap lancar aman dan kondusif," kata Yana Jumat(31/12/2021).

Yana menyebutkan, keramaian di Kota Bandung jelang pergantian malam tahun baru masih terbilang kondusif. Kepadatan dan kerumunan warga tidak seperti yang dibayangkan.

"Ramai. Mungkin karena orang merasa sudah diberi vaksin jadi lebih confident, lebih merasa sehat dan mungkin sudah sekian lama juga diam di rumah. Tapi, selama prokes ketat Insyaallah," ujar dia.

1. Empat titik ini berpotensi jadi kerumunan massa

Awasi Malam Tahun Baru, Yana Mulyana Keliling Kota Bandung Pantau KeramaianIDN Times/Yogi Pasha

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiono mengatakan, petugas dari kepolisian bakal diterjunkan di empat titik itu untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Selain itu, polisi juga tak segan untuk menegur wisatawan yang berkerumun.

"Empat titik itu nantinya sebagai acuan untuk melakukan pengamanan, karena pasti akan berpotensi jadi tempat berkumpulnya masyarakat di empat lokasi tersebut," kata Asep di Polrestabes Bandung, Jumat (31/12/2021).

Empat titik jalan di Kota Bandung bakal dipelototi petugas kepolisian pada perayaan malam pergantian tahun 2022 itu yakni Jalan Asia Afrika, Kawasan Tegalega, Jalan Diponegoro (sekitar Gedung Sate), dan Jalan Ir H Djuanda (Dago). Empat titik itu berpotensi menjadi titik kumpul lantaran sering dijadikan area swafoto atau sekadar kuliner malam.

2. Tidak akan ada penutupan lalu lintas

Awasi Malam Tahun Baru, Yana Mulyana Keliling Kota Bandung Pantau KeramaianAnggota kepolisian mengatur arus lalu lintas menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Asep menyampaikan, polisi tidak akan melakukan penutupan arus lalu lintas. Namun, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas jika area tersebut tak terkendali. Rekayasa lalu lintas itu mulai dari pengalihan arus, hingga penutupan jalan sementara.

"Jadi tidak ada sama sekali penutupan, hanya penutupan sementara atau pengalihan arus sehingga tidak terjadi kepadatan," ujar Asep.

3. Dua ribu lebih personel diterjunkan

Awasi Malam Tahun Baru, Yana Mulyana Keliling Kota Bandung Pantau KeramaianANTARA FOTO/Reno Esnir

Pada malam Tahun Baru 2022 ini, polisi menyiagakan sebanyak 2.260 personel yang terdiri dari personel Polrestabes Bandung, Brimob Polda Jawa Barat, hingga personel Samapta.

Ribuan personel itu menurutnya ada yang bersiaga di 20 pos pengamanan yang tersebar, dan juga ada yang berpatroli untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

"Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan malam tahun baru ini kita harapkan wilayah Kota Bandung dalam keadaan kondusif, aman, nyaman, dan terkendali," tutupnya.

Baca Juga: Hotel Penuh! Wisatawan Tumplek di Kota Bandung Rayakan Tahun Baru

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya