Antisipasi Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup Mulai 15 Maret

Penutupan berlaku sampai waktu yang belum ditentukan

Bandung Barat, IDN Times - Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) sejauh ini telah menjadi obyek wisata edukasi astronomi yang menarik bagi pengunjung. Terlebih kepopuleran Observatorium Bosscha ditandai dari diputarnya film anak Petualangan Sherina sekitar tahun 2000 lalu.

Namun sayang, sebagai upaya preventif mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19), pihak pengelola Observatorium Bosscha memutuskan untuk tutup sementara.

1. Penutupan berlaku sejak 15 Maret besok

Antisipasi Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup Mulai 15 MaretInstagram.com/acangpilotdronebdg

Kepala Observatorium Bosscha, Premana W Permadi menyebutkan, penutupan itu akan diberlakukan sejak Minggu 15 Maret 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan tergantung perkembangan isu virus corona.

"Observatorium Bosscha memutuskan untuk menghentikan sementara kunjungan publik, terhitung sejak 15 Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan," kata Premana dalam keterangan resminya, Jumat (13/3).

2. Observatorium Bosscha merupakan obyek wisata edukasi astronomi

Antisipasi Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup Mulai 15 MaretIDN Times/Bagus F

Premana menjelaskan, keputusan itu diambil atas dasar pertimbangan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun seluruh warga sekitar kawasan Observatorium Bosscha.

Seperti diketahui, Observatorium Bosscha merupakan lokasi wisata edukasi yang memberikan informasi terkait astronomi. Pengunjung Observatorium Bosscha didominasi dari kalangan siswa sekolah.

Penutupan kunjungan publik itu juga mengacu kepada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan dan juga imbauan dari ITB.

3. Seluruh reservasi dibatalkan sepihak

Antisipasi Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup Mulai 15 MaretIDN Times/Bagus F

Atas keputusan ditutupnya kunjungan publik itu, Premana menyatakan untuk membatalkan secara sepihak seluruh reservasi kunjungan selama rentang waktu ditutupnya Bosscha. Sementara dari hari ini (Jumat, 13/3) pihak Bosscha sudah mulai menutup pendaftaran kunjungan.

"Seluruh reservasi kunjungan pada rentang waktu tersebut dengan berat hati kami batalkan secara sepihak," pungkasnya.

4. Bosscha adalah objek vital nasional

Antisipasi Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup Mulai 15 MaretInstagram.com/bosschaobservatory

Untuk diketahui, Observatorium Bosscha resmi menjadi objek vital nasional pada 2008.  Dengan begitu tempat ini memiliki peran penting bagi kehidupan bangsa dan juga negara sehingga harus diamankan selalu oleh pemerintah. Tak hanya itu Bosscha juga masuk ke dalam benda cagar budaya yang ditetapkan oleh pemerintah.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya