7 Jenazah Korban Longsor Sumedang Ditemukan Menumpuk di Tenda Hajat

Hari ke-6 pencarian, tim SAR temukan 3 korban di tenda hajat

Sumedang, IDN Times - Proses pencarian korban longsor di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang di hari keenam berakhir pada pukul 18.00 WIB. Pencarian yang dilakukan Tim SAR gabungan terpaksa harus berakhir karena cuaca buruk.

Korban longsor yang ditemukan pada pencarian hari keenam ini sebanyak tiga orang. Atas penemuan itu, Tim SAR mencatat total korban yang berhasil ditemukan saat ini sebanyak 24 orang. Sementara korban yang diduga masih tertimbun sebanyak 16 orang.

1. Tiga korban ditemukan hari ini

7 Jenazah Korban Longsor Sumedang Ditemukan Menumpuk di Tenda HajatKepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, ketiga korban yang ditemukan semuanya dalam keadaan meninggal dunia. Deden menyebutkan tiga korban yang ditemukan sudah diidentifikasi.

"Korban pertama hari ini ditemukan pada pukul 09.00 WIB berjenis kelamin laki laki bernama Yayat (42 tahun), pukul 12.35 WIB tim kembali menemukan korban berjenis kelamin laki laki bernama M Yusuf (13) dan korban ketiga ditemukan pada pukul 12.51 WIB berjenis kelamin laki laki bernama Syarip (22)," ungkap Deden, Kamis (14/1/2021).

2. Diduga banyak korban di tenda hajat

7 Jenazah Korban Longsor Sumedang Ditemukan Menumpuk di Tenda HajatTim SAR gabungan mengevakuasi jenazah di longsor Sumedang. (Dok. Tim SAR Bandung)

Deden menyebutkan, lokasi penemuan tiga korban itu berada di sektor 1 atau lokasi rumah yang hendak menggelar pesta pernikahan. Lokasi itu merupakan lokasi yang dicurigai menumpuknya jenazah korban longsor.

"Indikasinya ada (banyak korban) cuma karena memang kondisi kontur tanah seperti bubur sehingga menyulitkan evakuasi, kita harus hati-hati," ujar Deden.

3. Empat jenazah ditemukan kemarin

7 Jenazah Korban Longsor Sumedang Ditemukan Menumpuk di Tenda HajatIDN Times/SAR Bandung

Betul saja, sejauh ini sudah tujuh jenazah ditemukan di lokasi rumah yang bakal menggelar pesta pernikahan. Di hari kelima, tim SAR menemukan empat jenazah sementara di hari keenam ini tim menemukan tiga jenazah.

Empat jenazah yang ditemukan di tenda hajat kemarin yakni ditemukan pukul 14.55 WIB ditemukan satu korban berjenis kelamin laki laki dalam keadaan meninggal dunia selanjutnya pada pukul 15.15 WIB Tim SAR Gabungan kembali menemukan korban berjenis kelamin perempuan.

Satu jam kemudian, tim SAR kembali menemukan sekitar pukul 16.14 WIB korban berjenis kelamin laki-laki, selanjutnya pada pukul pukul 16.16 WIB Tim SAR Gabungan kembali menemukan korban berjenis kelamin perempuan.

4. Pencarian difokuskan di tiga titik

7 Jenazah Korban Longsor Sumedang Ditemukan Menumpuk di Tenda HajatPetugas melakukan evakuasi di longsor Sumedang. (Dok. Tim SAR Bandung)

Dalan proses pencarian Tim SAR gabungan membagi tiga titik fokus. Tiga titik fokus ini merupakan lokasi yang dicurigai ada tumpukan jenazah. Kecurigaan tersebut berdasar pada saksi mata saat peristiwa longsor terjadi.

"Sektor 1 Rumah Hajatan 50 personil, sektor 2 Masjid An-Nur 50 personil dan sektor 3 Lapangan Voli 50 personil," tutupnya.

Baca Juga: Longsor Sumedang Timbun Tenda Hajat, Diduga Banyak Korban Belum Terdata

Baca Juga: Menteri PUPR: 224 Rumah di Area Longsor Sumedang Dikosongkan Permanen

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya