358 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Akhir Tahun 2021

Pelantikan untuk sederhanakan birokrasi

Bandung, IDN Times - Sebanyak 358 pejabat fungsional Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dilantik. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melantik para pejabat tersebut di Balai Kota Bandung, Kamis 30 Desember 2021 pagi.

Pelantikan ini merupakan hasil dari otak-atik Yana demi laju roda pemerintahan lebih cepat. Yana berharap dengan dilantiknya ratusan pejabat fungsional baru ini menjadi penyederhanaan birokrasi sehingga pelayanan publik semakin lincah.

"Menjadi pejabat adalah amanat yang harus dipertanggungjawabkan yakni dengan bekerja profesional dan berintegritas. Apalagi kinerja pejabat tersebut menjadi bagian dari kinerja Pemerintah Kota Bandung, sehingga tugas dan wewenang yang diemban harus dijalani dengan sepenuh hati,” ujar Yana.

1. Pejabat fungsional mesti kuasai teknologi

358 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Akhir Tahun 2021IDN Times/Humas Kota Bandung

Di era industri 4.0, masyarakat tidak bisa lepas dari teknologi. Kesadaran ini, menurut Yana, mesti dipahami oleh masing-masing pejabat. Selain paradigma berpikir 4.0, pejabat juga dituntut untuk menguasai skill teknologi digital.

"Di era birokrasi 4.0 seorang pejabat dituntut untuk menguasai tekonologi. Cepat beradaptasi dengan perubahan dan siap untuk berlari kencang,“ kata Yana.

2. Yana minta pejabat tunjukkan potensi diri

358 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Akhir Tahun 2021IDN Times/Humas Kota Bandung

Pejabat fungsional memiliki tugas yang lebih spesifik dan memerlukan keahilan tertentu. Keahlian itu nantinya yang mampu bisa mempercepat kerja-kerja pelayanan publik.

“Dilantik ini tentu memiliki konsekuensi dan tanggung jawab besar. Namun jangan dilihat sebagai beban atau kendala yang justru akan menghambat karier,” ujarnya.

“Menjadi pejabat fungsional justru menjadi kesempatan untuk memperlihatkan potensi diri yang sebenarnya. Bekerja sesuai dengan minat bakat serta keahilan sehingga aktivitas sehari-hari akan diisi dengan komitmen tinggi dan integritas,” katanya.

3. Kehadiran pejabat fungsional baru diklaim bisa sederhanakan birokrasi

358 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Akhir Tahun 2021IDN Times/Humas Kota Bandung

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung, Adi Junjunan Mustafa menerangkan, pelantikan tersebut sesuai dengan aturan pemerintah pusat.

“Landasannya adalah Permenpan RB nomor 17 tahun 2021 untuk menyederhanakan birokrasi. Setelah disederhanakan barulah penyetaraan jabatan. Ini dasarnya ada regulasi untuk dilakukan penyederhanaan jabatan,” kata Adi.

4. Pejabat fungsional yang dilantik merupakan eselon IV

358 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Akhir Tahun 2021IDN Times/Humas Kota Bandung

Soal tugas pejabat fungsional, ia mengungkapkan, yang saat ini menjabat struktural khususnya eselon IV di Pemkot Bandung dilantik sebagai pejabat fungsional.

“Langsung sekarang strukturan eselon IV terutama Pemkot Bandung ini disebut pengawas, dilantik jadi fungsional. Jadi yang dilantik ini diberikan tugas koordinasi. Tetap mereka memegang tugas tambahan manajerial,” katana.

Adi berharap, penyederhanaan birokrasi membuahkan hasil yang baik, sehingga pelayanan publik semakin lincah dan maksimal.

“Fungsional lebih lincah karena hierarki berkurang, pelayanan cepat juga bisa dinamis dan lebih lincah,” tutupnya.

Baca Juga: Wacana Mutasi Besar-besaran di Pemkot Bandung: Ada Apa dengan Yana-Ema?

Baca Juga: Awal 2022, Yana Mulyana Rotasi Besar-Besaran Pejabat Pemkot Bandung

Baca Juga: Awal 2022, Yana Mulyana Rotasi Besar-Besaran Pejabat Pemkot Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya