3 Peristiwa Angin Kencang Terjadi dalam Sepekan di KBB, Ini Sebabnya

Warga diimbau waspada dan ikuti info perkembangan cuaca

Bandung Barat, IDN Times - Kondisi cuaca peralihan musim kemarau ke hujan biasanya ditandai dengan adanya fenomena alam berupa angin kencang. Di wilayah Kabupaten Bandung Barat, hujan disertai angin kencang sudah menerjang sejumlah titik dan mengakibatkan kerusakan puluhan bangunan serta pohon tumbang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Duddy Prabowo menyebutkan, peristiwa puting beliung di Kabupaten Bandung Barat hingga saat ini sudah terjadi tiga kali.

"Yang pertama itu di Komplek Perkantoran Pemda KBB pada hari Sabtu (23/11). Kedua di Kecamatan Cililin dan di Kecamatan Cipendeuy hari Senin (25/11) kemarin," ungkap Duddy saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemda KBB, Rabu (27/11).

1. BPBD masih mendata kerusakan di Cipendeuy

3 Peristiwa Angin Kencang Terjadi dalam Sepekan di KBB, Ini SebabnyaWarga Cililin, KBB mulai memperbaiki bangunan rumah yang terkena angin puting beliung yang terjadi pada Senin (25/11). (IDN Times/Bagus F)

Tercatat 36 bangunan rusak dan 8 pohon tumbang diakibatkan hujan disertai angin kencang yang menghantam wilayah Kecamatan Cililin. Sedangkan kerusakan di wilayah Kecamatan Cipendeuy masih dalam proses pendataan.

"Petugas masih mendata rumah rusak dan pohon tumbang untuk yang di Cipendeuy. Data pastimya belum masuk," ujarnya.

2. Diperkirakan angin kencang berlangsung 1 minggu

3 Peristiwa Angin Kencang Terjadi dalam Sepekan di KBB, Ini SebabnyaIDN Times/Bagus F

Menurutnya, fenomena angin kencang ini terjadi saat pergantian musim dari musim panas ke musim hujan. Fenomena itu memang rutin terjadi sebagai penanda pergantian musim. Sementara rentang waktu fenomena angin kencang ini diperkirakan berlangsung sekitar 1 minggu.

"Sebenarnya kalau angin terjadinya bagaimana lama musim pancarobanya. Kalau seminggu pergantian musimnya, mungkin ya seminggu," paparnya.

3. Warga diimbau ikuti perkembangan cuaca di Info BMKG

3 Peristiwa Angin Kencang Terjadi dalam Sepekan di KBB, Ini SebabnyaBMKG

Atas peristiwa angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di KBB, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jabar, Adwin Singarimbun mengimbau agar masyarakat waspada dan selalu ikuti perkembangan kondisi cuaca.

"Masyarakat harus tetap waspada dan ikuti update kondisi cuaca. Sekarang kan zamannya gadget, bisa di download di Playstore Info BMKG. Termasuk juga update peringatan-peringatan dini apabila ada intensitas hujan tinggi atau angin kencang," ucap Adwin.

4. Hindari kaca saat terjadi angin kencang

3 Peristiwa Angin Kencang Terjadi dalam Sepekan di KBB, Ini SebabnyaWarga Cililin, KBB mulai memperbaiki bangunan rumah yang terkena angin puting beliung yang terjadi pada Senin (25/11). (IDN Times/Bagus F)

Adwin menuturkan, langkah yang musti dilakukan adalah mengenali dulu potensi ancamannya. Ketika terjadi curah hujan tinggi atau angin kencang, lekaslah mencari perlindungan.

"Hindari berlindung di dekat kaca. Kaca ini takutmya pecah kena angin. Cari tempat berlindung yang sekiranya kuat. Lalu tunggu anginnya tmreda baru keluar," imbaunya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya