219 Rumah di Cipatat Bandung Barat Porak Poranda Diterpa Angin Kencang

Tiga desa di Kecamatan Cipatat porak poranda

Bandung Barat, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang yang menghantam wilayah Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan ratusan rumah warga mengalami rusak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat, sedikitnya ada 219 rumah di tiga desa mengalami rusak. Tingkat kerusakan pun beragam, dari rusak ringan, sedang hingga berat.

1. Ini tiga desa yang diterjang angin kencang

219 Rumah di Cipatat Bandung Barat Porak Poranda Diterpa Angin KencangKepala BPBD KBB, Duddy Prabowo. (IDN Times/Bagus F)

Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan, peristiwa hujan disertai angin kencang di Kecamatan Cipatat terjadi pada Selasa, 11 Januari 2021 sore. Akibat angin kencang itu, banyak pohon tumbang dan ratusan rumah di tiga desa mengalami rusak.

"Tiga desa itu yakni Desa Kertamukti di 8 RW, Kampung Ciparang Desa Citata, dan Kampung Sukamanah Desa Cipatat," ujar Duddy saat ditemui, Rabu (12/1/2021).

2. Sebanyak 23 rumah rusak berat

219 Rumah di Cipatat Bandung Barat Porak Poranda Diterpa Angin KencangIlustrasi puting beliung. ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Duddy menyebutkan, petugas BPBD KBB sudah melakukan assessment ke lokasi kejadian. Tercatat ada 219 rumah yang mengalami kerusakan. Baik kerusakan ringan, sedang sampai kerusakan berat.

"Ada 23 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 195 rumah rusak ringan. Total ada 219 rumah rusak," paparnya.

3. Selain rumah, angin juga rusak kabel listrik dan telepon

219 Rumah di Cipatat Bandung Barat Porak Poranda Diterpa Angin KencangIlustrasi bangunan rusak akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Duddy menyampaikan, kerusakan rumah ini diakibatkan oleh angin kencang dan hujan deras. Selain kerusakan rumah, angin kencang juga merusak jaringan kabel listrik dan telepon.

"Sekitar pukul 15.00 wib, terjadi hujan deras yg disertai angin kencang yg menerpa pohon di sekitar tempat kejadian bencana mengakibatkan pohon  tumbang menimpa jalan,  rumah warga serta jaringan kabel listrik dan kabel telpon," tutupnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya