WFH Dua Pekan karena Corona, Kemacetan Kota Bandung Menurun Drastis

Apakah kaum pekerja di Bandung sudah tertib imbauan?

Bandung, IDN Times - Dengan status siaga COVID-19, Pemkot Bandung telah mengeluarkan kebijakan work Ffom home (WFH) alias kerja di rumah selama dua pekan. Akibat kebijkan tersebut, angka kemacetan Kota Bandung menurun.

"Kalau untuk penurunan kemacetan di beberapa titik yang biasanya macet, kami lakukan patroli itu sangat menurun drastis," ujar Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (20/3).

1. Data pasti pengurangan kendaraan belum didapatkan

WFH Dua Pekan karena Corona, Kemacetan Kota Bandung Menurun Drastisunsplash/Campaign Creators

Namun, Bayu mengatakan, saat ini kepolisian belum mengantongi data perhitungan jumlah kendaraan yang bisa ditekan karena kebijakan WFH. Yang terang, sejak diberlakukan WFH, penurunan kemacetan memang terjadi di beberapa tempat atau biang kemacetan di Kota Bandung.

"Kalau data saat ini kami belum ada, karena ini masih terus berproses, sampai ada keputusan lanjutan," ungkapnya.

2.Daerah macet terpantau lenggang

WFH Dua Pekan karena Corona, Kemacetan Kota Bandung Menurun Drastis(Ilustrasi) IDN Times/Galih Persiana

Bayu menyebutkan, beberapa daerah yang biasanya terpantau macet dan kini mulai mengali penurunan di antaranya ialah Jalan Jakarta, Jalan Cicaheum, dan beberapa pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Sukajadi, dan di Jalan Cihampelas.

"Jalan Jakarta, Jalan Antapani itu kan setiap pagi atau sore macet. Nah itu tidak kita temukan lagi. Kemudian di Terminal Cicaheum itu biasanya padat kemarin kita patroli itu sudah cukup landai atau tidak ramai seperti biasanya," tuturnya.

3. Jalan di pusat perbelanjaan juga lenggang

WFH Dua Pekan karena Corona, Kemacetan Kota Bandung Menurun DrastisIlustrasi mengurai kemacetan (IDN Times/Humas Bandung)

Untuk beberapa pusat perbelanjaan, ia mengatakan, cenderung memiliki situasi serupa. Seperti yang tampak di Jalan Sukajadi yang biasanya mengalami kemacetan. Salah satu jalan yang kerap diserbu para wisatawan ini kini cenderung lengang.

"Sama halnya dengan seputaran Paskal (Pasir Kaliki Hypersquare), Riau Junction, PVJ. dan Cihampelas Walk yang kin tidak padat," katanya.

4. Masyarakat dinilai tertib mengikuti aturan WFH

WFH Dua Pekan karena Corona, Kemacetan Kota Bandung Menurun Drastisappleinsider.com

Pengurangan kemacetan tersebut, menurut Bayu, merupakan tanda bahwa masyarakat mulai sadar akan imbauan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tentang WFH. Selama masa WFH, Bayu berkomitmen bahwa petugasnya tetap akan melakukan patroli dan pengaturan lalu lintas Kota Kembang.

"Jadi sepertinya imbauan oleh pemerintah daerah dan pusat, bahwa WFH saat ini telah dilaksanakan oleh sebagian masyarakat khususnya warga Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: Cegah Penularan Corona, Wali Kota Bandung Belum Instruksikan ASN WFH!

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemkot Bandung Izinkan ASN WFH kecuali Lurah!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya