Waspada! Ridwan Kamil Pastikan Varian Delta Sudah Masuk Jawa Barat

Varian delta sudah ditemukan di Depok dan Karawang

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengumumkan bahwa mutasi virus COVID-19 atau varian delta sudah ada di wilayah Jabar. Hal ini dibuktikan dengan metode genome sequencing yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah Jabar dan Institut Teknologi Bandung.

"Berita paling penting dan baru hari ini adalah varian delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan hadir di Kota Depok," kata dia melalui keterangannya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/6/2021).

1. Dengan kabar ini protokol kesehatan bagi masyarakat kembali ditingkatkan

Waspada! Ridwan Kamil Pastikan Varian Delta Sudah Masuk Jawa BaratANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Emil tidak menjelaskan lebih lengkap mengenai ditemukannya kasus varian delta. Ia hanya mengatakan bahwa kasus ini sudah ada di Kota Depok dan Karawang.

"Varian ini penularannya akan lebih cepat dari varian sebelumnya, mudah-mudahan dengan berita ini kita bisa tingkatkan kewaspadaan kita," katanya.

2. Masyarakat diminta tetap mematuhi 5M

Waspada! Ridwan Kamil Pastikan Varian Delta Sudah Masuk Jawa Barat ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Meski begitu, Emil meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan menjalankan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah dan di dalam rumah. Sebab, tidak ada cara lain selain melawan menggunakan protokol kesehatan.

"Tolong disampaikan ke masyarakat dengan kehadiran varian delta di Jabar maka prokes 5M itu harus ditingkatkan lebih-lebih lagi," kata dia.

3. Status penanganan COVID-19 Bandung Raya masih siaga satu

Waspada! Ridwan Kamil Pastikan Varian Delta Sudah Masuk Jawa BaratIDN Times/Yogi Pasha

Pemprov Jabar saat ini tengah menarik rem darurat dalam penanganan COVID-19. Dua wilayah di Bandung Raya masuk dalam zona merah. Status penanganan Bandung Raya juga naik menjadi siaga satu.

Sektor pariwisata dari Bandung Raya pun mengalami aturan pengetatan, seperti adanya larangan wisatawan memasuki wilayah Bandung Raya untuk sementara waktu.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya