Waspada Corona, Dishub Bandung Hentikan Layanan Wisata Bus Bandros

Dishub juga lakukan penyemprotan disinfektan di bus

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menghentikan sementara layanan wisata bus Bandros (Bandung Tour on Bus) dan bus sekolah, Kamis (19/3). Pemberhentian dilakukan guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Selain memberhentikan sementara, Dishub Kota Bandung juga akan secara rutin menyemprotkan disinfektan ke bus Tans Metro Bandung (TMB).

1. Pemberhentian berdasarkan surat edaran Wali Kota Bandung

Waspada Corona, Dishub Bandung Hentikan Layanan Wisata Bus Bandrosinstagram.com/bus.bandros

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Angkutan, Ade Surya mengatakan, pemberhentian sementara sudah berdasarkan surat edaran dari Wali Kota. Untuk waktu pemberhentian sampai kapan, Ia mengaku masih belum diputuskan.

"Bandros dan bus sekolah diberhentikan. Itu berlaku hingga ada pencabutan instruksi," ujar Ade berdasarkan rilis yang diterima IDN Times, Kamis (19/3).

2. Layanan TMB masih berlangsung normal

Waspada Corona, Dishub Bandung Hentikan Layanan Wisata Bus BandrosIDN Times/Yogi Pasha

Ade mengatakan, TMB masih beroperasi dengan normal. Namun untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona, disediakan hand sanitizer di setiap bus TMB. Bus TMB juga telah disemprot disinfektan.

"Jadwal penyemprotan disinfektan setiap tiga hari sekali. Tetapi sekarang jadi dua hari sekali. Bahkan jika memungkinkan setiap hari. Sehingga saat bus sudah bersih saat melayani masyarakat," tuturnya.

3. Alat pencegahan COVID-19 TMB belum maksimal

Waspada Corona, Dishub Bandung Hentikan Layanan Wisata Bus BandrosIDN Times/Debbie Sutrisno

Kendati demikian, Ade mengakui jika pihaknya belum bisa memeriksa suhu badan calon penumpang TMB. Hal itu karena keterbatasan peralatan. Ia mengatakan, untuk saat ini pencegahan dilakukan sesuai dengan kemampuan alat.

"Kami memang belum memiliki alat pengukur suhu tubuh. Nanti kita akan coba berkoorniadi dengan Dinas Kesehatan atau instansi terkait lainnya," tuturnya.

4. Dishub Bandung lakukan penyemprotan disinfektan di seluruh armada bus di terminal

Waspada Corona, Dishub Bandung Hentikan Layanan Wisata Bus BandrosIDN Times/Yogi Pasha

Ade menyebutkan, Dishub Kota Bandung juga melakukan antisipasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan terhadap sejumlah armada bus baik angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan Angkutan kota dalam provinsi (AKDP) yang berada di terminal. Menurut dia, penyemprotan ini akan dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari.

"Kami mulai melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke setiap bus yang akan keluar dari terminal. Langkah ini sebagai langkah antisipasi pencegahan virus corona juga," ujar dia di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Kamis(19/3).

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya