Comscore Tracker

Viral! Warga Bandung Temukan Serpihan Benda Asing Jatuh dari Langit

Benda asing ini terekam dalam video berdurasi 30 detik

Bandung, IDN Times - Warga Kota Bandung menemukan serpihan diduga benda asing jatuh dari langit, Kamis (29/7/2021). Penemuan benda ini terekam melalui sebuah video amatir dan menjadi viral di media sosial Instagram.

Melansir unggahan akun instagram @bandungtalk, video viral ini berdurasi 30 detik. Terlihat jelas diduga benda asing itu melayang dan jatuh dari langit.

1. Fenomena ini ditemukan langsung oleh pegawai proyek

Viral! Warga Bandung Temukan Serpihan Benda Asing Jatuh dari LangitDinas Humas Setda Kota Bandung

Dalam keterangan unggahan postingan itu, video berhasil diabadikan oleh Irman yang merupakan seorang sekuriti proyek di wilayah Cicendo, Kota Bandung. Ia mengatakan, kejadian ini terjadi tepat pada pukul 08:30 WIB, Kamis (29/7/2021).

"Pekerja yang di area proyek memberi tahu di atas ada fenomena aneh, di langit Bandung. Segerombolan benda asing terbang, jumlahnya banyak kurang lebih 30-an," ujarnya, Kamis (29/7/2021), kepada awak media.

2. Beda asing ini diketahui menghilang secara tiba-tiba

Viral! Warga Bandung Temukan Serpihan Benda Asing Jatuh dari Langitpixabay.com/Pawel86

Selain itu, Irman bilang, benda itu kemudian terbang mengarah Kota Cimahi. Kemudian setelah dilihat dengan waktu yang lama, benda itu menghilang tanpa diketahui jatuh di wilayah mana.

"Pas lama kelamaan terus menjauh, benda asing ini real saya juga lihat dan saya sempat sebentar mem-video-kan. Benda tersebut melayang di atas langit Bandung pagi hari," ungkapnya.

3. BMKG menilai ini bukan fenomena iklim

Viral! Warga Bandung Temukan Serpihan Benda Asing Jatuh dari LangitANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Terpisah, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, fenomena benda asing terbang ini bukan merupakan hal meteorologis. Hal itu didasarkan atas hasil pengamatan yang dilakukan BMKG.

"Dapat disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyarakat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis," kata Teguh, kepada pers di hari yang sama.

4. BMKG sarankan fenomena ini ditanyakan langsung pada Lapan

Viral! Warga Bandung Temukan Serpihan Benda Asing Jatuh dari LangitLogo LAPAN (Website/lapan.go.id)

BMKG mengamati bahwa langit Kota Bandung tidak tertutup awan pada hari ini. Adapun fenomena ini, menurut Teguh, bisa langsung ditanyakan pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Pada waktu tersebut berdasarkan pengamatan BMKG Bandung, langit dalam kondisi cerah berawan (dengan nilai octave 2) dan kecepatan angin 6 kilometer perjam. Terpantau awan cirrus (tinggi), dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb)" kata dia.

Baca Juga: Siap-siap, Pemprov Jabar Lacak COVID-19 Hingga Tingkat RT/RW

Baca Juga: Vaksinasi Pemprov Jabar Masih Rendah, Ridwan Kamil Kasih Alasan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya