Varian Baru COVID-19 Diduga Sudah Menyebar ke Berbagai Penjuru Jabar

Pemburukan pasien lebih cepat dibandingkan sebelumnya

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menduga bahwa, saat ini varian baru virus corona atau COVID-19 tidak hanya berada di Kabupaten Karawang dan Kota Depok. Varian baru diduga sudah menyebar ke wilayah lainnya di Jabar.

"Kami menduga virus ini dengan varian baru sudah hadir di berbagai tempat karena tingkat pemburukan itu lebih cepat dibanding sebelumnya," ujar Emil melalui konferensi pers via panggilan video, Senin (28/6/2021).

Sayangnya Emil tidak menjabarkan maksud dari varian baru ini, apakah jenis delta atau varian COVID-19 jenis lainnya.

1. Tidak ada solusi lain selain masyarakat meningkatkan prokes

Varian Baru COVID-19 Diduga Sudah Menyebar ke Berbagai Penjuru JabarHumas/Pemprov Jabar

Meski demikian, Emil bilang, saat ini tidak ada langkah mitigasi lain selain penerapan protokol kesehatan (prokes) . Sehingga, Emil meminta, masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah.

"Prokes harus dilaksanakan oleh masyarakat. Tidak ada solusi lagi prokes untuk orang sehat, jangan diabaikan," katanya.

2. Sebelumnya varian delta sudah ditemukan di Depok dan Karawang

Varian Baru COVID-19 Diduga Sudah Menyebar ke Berbagai Penjuru JabarInfografis Varian Baru COVID-19 B177 (Varian Kent) (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun sebelumnya, Emil mengumumkan bahwa mutasi virus COVID-19 atau varian delta sudah ada di wilayah Jabar. Hal ini dibuktikan dengan metode genome sequencing yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah Jabar dan Institut Teknologi Bandung.

"Berita paling penting dan baru hari ini adalah varian delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan hadir di Kota Depok," kata dia, melalui keterangannya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/6/2021).

Emil tidak menjelaskan lebih lengkap mengenai ditemukannya kasus varian delta. Ia hanya mengatakan bahwa kasus ini sudah ada di Kota Depok dan Karawang.

"Varian ini penularannya akan lebih cepat dari varian sebelumnya, mudah-mudahan dengan berita ini kita bisa meningkatkan kewaspadaan," katanya.

3. Jabar tengah menarik rem darurat penanganan COVID-19

Varian Baru COVID-19 Diduga Sudah Menyebar ke Berbagai Penjuru Jabar(Foto: NIAID)

Pemprov Jabar saat ini tengah menarik rem darurat dalam penanganan COVID-19. Dua wilayah di Bandung Raya masuk dalam zona merah, sehingga status penanganan Bandung Raya juga naik menjadi siaga satu.

Sektor pariwisata dari Bandung Raya pun mengalami aturan pengetatan, seperti adanya larangan wisatawan memasuki wilayah Bandung Raya untuk sementara waktu.

Baca Juga: Kenali Virus Corona Varian Delta yang Bermutasi Jadi 'Delta Plus'

Baca Juga: Pemkot Bandung Tunggu Hasil Sampel Dugaan Varian Delta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya