Vaksinasi Anti-PMK Tahap I di 22 Daerah Jabar Sudah Rampung

Ada 5 daerah yang belum selesaikan vaksinasi anti PMK

Bandung, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat (Jabar) memastikan vaksinasi anti-Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap I pada hewan ternak di 22 daerah telah rampung.

Kepala DKPP Jabar, Moh. Arifin Soedjayana mengatakan bahwa saat ini tersisa lima kabupaten/kota yang masih menggenjot pelaksanaan vaksinasi PMK tahap I. Sedangkan, selebihnya dipastikan rampung.

"Sebanyak 22 daerah sudah selesai melakukan vaksinasi tahap I," ujar Arifin, Sabtu (30/7/2022).

1. Lima daerah yang belum selesai memang memiliki banyak hewan ternak

Vaksinasi Anti-PMK Tahap I di 22 Daerah Jabar Sudah RampungIlustrasi pasar hewan. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Lima daerah yang belum rampungkan vaksinasi yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut dan Subang. Berdasarkan pantauan terakhir tim DKPP Jabar, lima daerah ini terus masih mengejar vaksinasi pada hewan ternak.

"Jumlah dosis vaksin anti PMK pada tahap I yang disalurkan di lima daerah itu cukup besar karena jumlah hewannya juga banyak. Di mana Bandung Barat mencapai 26.800 dosis, Kabupaten Bandung 18.800, lalu Garut 13.500 dan Subang 10.500 dosis," ungkapnya.

2. Pada tahap II jumlah dosis yang diberikan akan lebih banyak

Vaksinasi Anti-PMK Tahap I di 22 Daerah Jabar Sudah RampungIlustrasi hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Arifin menambahkan, dari alokasi 121.200 dosis vaksin anti PMK tahap I yang disalurkan Kementerian Pertanian ke Jawa Barat, sebanyak 95.248 dosis dilaporkan secara manual sudah disuntikan pada hewan ternak.

"Capaian vaksinasi di Jawa Barat sudah mencapai 78,59 persen dari target, seiring waktu ini pasti akan terus bertambah," ucapnya.

Adapun, pada vaksinasi tahap II Jabar akan mendapat tambahan dosis vaksin sebesar 126.100 dosis. Menurutnya, dari 50.781 kasus hewan ternak yang tertular, tingkat kesembuhannya mencapai 60 persen.

"Tingkat kematian akibat PMK di Jabar hanya 3,5 persen atau 1.793 hewan ternak," katanya.

3. Tim satgas anti PMK turut bergerak di perbatasan

Vaksinasi Anti-PMK Tahap I di 22 Daerah Jabar Sudah Rampungilustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Sementara itu Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pada tahap awal vaksin anti-PMK yang telah didistribusi ke kabupaten/kota yaitu sebanyak 121.200 dosis. Dari total itu, ada 97.542 ekor atau sebanyak 80,48 persen telah divaksin.

Selain vaksinasi, Uu juga mengungkapkan bahwa upaya menekan penyebaran PMK dilakukan dengan screening hewan ternak yang didatangkan dari luar Jabar. Dengan demikian, tim satgas penanganan PMK yang dibentuk sebelumnya masih beroperasi.

"Penjagaan terhadap hewan yang datang dari daerah luar Jabar tetap dilaksanakan, artinya tim satgas yang dibentuk oleh Pak Gubernur belum dibubarkan, tetap bisa bekerja," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Suntik Vaksinasi Anti PMK ke Sapi Perah dan Hewan Kurban

Baca Juga: Dosis Vaksinasi Anti PMK untuk Hewan Kurban di Jabar Belum Ideal

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya