Uji Coba Jalur Flyover Supratman Temui Kendala Arus Lalu Lintas

Ditemukan penumpukan kendaraan di samping flyover

Bandung, IDN Times - Uji coba hari pertama lalu lintas di flyover Jalan Jakarta-Supratman mengalami kendala. Hal ini diketahui, setelah arus satu jalur diterapkan sejak pukul pukul 06.00-09.00 WIB, Senin (7/12/2020).

Sejumlah kendala itu yakni adanya penyempitan arus kendaraan di bawah flyover akibat median jalan yang masih belum dihilangkan. Kemudian, uji coba satu arah ini juga diberlakukan selama dua hari, setelah sebelumnya diagendakan hanya untuk satu hari.

1. Uji coba dilakukan seharian penuh

Uji Coba Jalur Flyover Supratman Temui Kendala Arus Lalu LintasIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Khairul Rijal mengatakan, uji coba hari pertama untuk arus kendaraan berjalan lancar. Kendala ditemukan di luar arus fly over.

"Tes tadi lancar dan tidak ada hambatan-hambatan. Sekarang masih berlaku sore kan beda dengan pagi jadi akan sesuaikan," ujar Rijal saat dihubungi, Senin (7/12/2020).

2. Kendala ada pada median Jalan Supratman

Uji Coba Jalur Flyover Supratman Temui Kendala Arus Lalu LintasIDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski terbilang lancar, Ia mengaku, sejumlah penumpukan kendaraan sempat terjadi pada pukul 09:00 WIB. Hal itu dikarenakan banyaknya pengendara yang belum tahu arus baru di wilayah tersebut.

"Kemudian di depan SMPN 22 Jalan Supratman kami tutup banyak protes warga, bingung muter di mana, jadi boleh muter di Supratman," ungkapnya.

3. Opsi dua arah tidak diberlakukan terlebih dahulu

Uji Coba Jalur Flyover Supratman Temui Kendala Arus Lalu LintasIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menjelaskan, saat ini skema satu jalur untuk flyover sudah berjalan maksimal. Sehingga, opsi ini kemungkinan akan terus diberlakukan selama dua hari. Adapun untuk opsi dua jalur yang sebelumnya akan diterapkan besok maka tidak akan diterapkan.

"Nanti sore kita pantau. Besok full sampai malam sementara masih satu arah dua arah tidak di berlakukan dahulu," katanya.

4. Operasional flyover masih menunggu peresmian

Uji Coba Jalur Flyover Supratman Temui Kendala Arus Lalu LintasIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menegaskan, flyover Jalan Supratman ini masih belum diresmikan oleh pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Sehingga, Ia meminta masyarakat agar tetap mengikuti aturan arus lalu lintas yang sedang di uji cobakan.

"Persemian belum tahu kapan, saat ini sudah efektif dan di bawah juga kemungkinan belum di pakai. Jadi kalau dua arah di takutkan ada kecelakaan jadi opsi kita pertahankan satu arah," kata dia.

Baca Juga: Uji Coba Jalur Fly Over Baru di Jalan Jakarta Dimulai Besok

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya