Trafo Listrik di RSUD Kota Bandung Rusak, Pelayanan Terganggu 

Rumah sakit kini mengandalkan genset

Bandung, IDN Times - Pelayanan di RSUD Kota Bandung mengalami gangguan akibat adanya insiden mati listrik Rabu (11/9/2024) dini hari kemarin. Peristiwa ini diduga terjadi karena adanya kerusakan trafo di gardu listrik.

Plt Wakil Direktur Umum RSUD Kota Bandung Henny Rahayu Ningtyas mengatakan, kondisi saat ini sudah mulai berangsur normal pelayanan perlahan mulai terpenuhi kembali.

"Pelayanan di rawat jalan sudah normal kembali, namun untuk pemeriksaan laboratorium terbatas karena listrik yang digunakan masih menggunakan genset," ucap Henny saat dikonfirmasi, Kamis (12/9/2024).

1. Listrik masih belum normal kembali

Trafo Listrik di RSUD Kota Bandung Rusak, Pelayanan Terganggu Ilustrasi perbaikan jaringan listrik oleh petugas PLN. (Dok. PLN UID Lampung).

Manajemen RSUD Kota Bandung kini masih melakukan berbagai cara agar listrik tetap hidup dan tidak mengganggu pelayanan yang ada. Adapun saat ini trafo baru sudah dibeli dan kini masih dalam perjalanan.

"Aliran listrik sudah tertangani hanya masih menggunakan genset, bukan listrik langsung dari PLN karena trafo baru yang kami beli baru sampai di RS siang/sore ini," kata Henny.

2. Penyebab kebakaran karena trafo

Trafo Listrik di RSUD Kota Bandung Rusak, Pelayanan Terganggu Ilustrasi perbaikan jaringan listrik oleh petugas PLN. (Dok. PLN Sulselrabar)

Untuk diketahui, Henny memastikan peristiwa mati listrik ini disebabkan oleh adanya kerusakan trafo. Hal ini berdasarkan tim yang melakukan inventaris beberapa aliran listrik yang ada di RSUD Kota Bandung.

"Dari petugas melakukan inventarisir, penyebabnya kerusakan di trafo rumah sakit," ujar Henny.

Ia melanjutkan, peristiwa ini membuat sejumlah layanan kesehatan di RSUD Kota Bandung terganggu. Adapun pelayanan yang terganggu meliputi pelayanan yang menggunakan alat medis elektronik.

"Pelayanan rawat jalan terganggu, seperti yang biasanya menggunakan alat tambahan pemeriksaan mata, kandungan yang menggunakan listrik terhambat. Kalau poliklinik anak, penyakit dalam bisa berjalan meskipun tidak maksimal," ungkapnya.

"Rawat inap yang normal, tidak ada (kendala). Emergency normal, yang kita utamakan ICU, NICU, PICU, kamar yang memerlukan perawatan intensif khusus. Kamar operasi kita siapkan satu," lanjut Henny.

3. Pelayanan mengandalkan genset

Trafo Listrik di RSUD Kota Bandung Rusak, Pelayanan Terganggu Ilustrasi petugas PLN. (dok. PLN)

Untuk mengatasi gangguan listrik itu, Henny menuturkan RSUD Kota Bandung menyewa sejumlah mesin genset untuk membackup aliran listrik yang terganggu. Selain itu, ia juga mengaliri listrik dari kantor manajemen ke gedung utama RSUD.

"Sewa genset juga untuk membackup. Kalau di sini (kantor manajemen) bisa terus-terusan (mengaliri listrik), hanya terbatas untuk perawatan intensif. Target secepatnya kita harus selesai, sedang berusaha terus, makanya kami backup, sudah ditangani PLN juga," kata dia.

Baca Juga: Gelar Stand UP Comedy, KPU Jabar: Pilkada Harus Riang Gembira

Baca Juga: Atlet Muaythai dan Judo Jabar Borong Medali Emas di PON XXI/2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya