Tol Cisumdawu Berpotensi Dipakai Mudik Lebaran 2023

Ridwan Kamil sudah menghubungi Menteri PUPR

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil memberikan bocoran mengenai peresmian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang akan selesai dalam beberapa waktu ke depan.

Orang nomor satu di Jabar ini juga menyampaikan bahwa Tol Cisumdawu berpotensi bisa digunakan jalur mudik Lebaran 2023. "Saya sudah telepon dengan Pak Menteri (PUPR), targetnya akhir Februari, dipercepat tapi enggak nyebut tanggalnya," ujar Emil di Bandung, Sabtu (11/2/2023).

1. Bulan Februari tol akan bisa jadi diresmikan

Tol Cisumdawu Berpotensi Dipakai Mudik Lebaran 2023Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil mengatakan, masih ada 17 hari lagi sampai di akhir bulan Februari. Di sela tanggal-tanggal itu, ia memastikan tol sepanjang 62,6 kilometer itu akan diresmikan bersama pemerintah pusat.

"Sekarang tanggal 11 Februari, masih ada 17 hari lagi. Di antara tanggal itu ada peresmian. Kemarin pak menteri langsung instruksi," ucapnya.

2. Kemungkinan sudah bisa buat mudik

Tol Cisumdawu Berpotensi Dipakai Mudik Lebaran 2023Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung, Sumedang, dan Majalengka itu diharapkan bisa jadi alternatif jalur mudik yang diperkirakan jatuh pada April mendatang.

Sehingga, diharapkan agar pembangunan bisa segera selesai. "Sudah bisa (buat mudik lebaran 2023," katanya.

3. Pembangunan dilakukan dalam beberapa seksi

Tol Cisumdawu Berpotensi Dipakai Mudik Lebaran 2023Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kementerian PUPR melaporkan bahwa pengerjaan Tol Cisumdawu seksi 4, 5 dan 6 serta Dawuan Junction masih dalam proses. Pembangunan tol ini terdiri dari enam bagian. Seksi 1 Cileunyi – Rancakalong dirancang sepanjang 11,45 kilometer.

Kemudian, seksi 2 Rancakalong – Sumedang sepanjang 17,05 km, dan seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, dan seksi 4 Cimalaka – Legok membentang 8,20 kilometer, seksi 5 Legok – Ujungjaya sepanjang 14,9 kilometer, dan seksi 6 Ujungjaya – Dawuan sepanjang 6,06 kilometer.

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim BIJB Kertajati Siap Terbangkan Jemaah Haji

Baca Juga: Masjid Al Jabbar  Dibongkar, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya