Tok! Alun-Alun Bandung Bakal Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2023

Penutupan sudah merupakan keputusan final

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal menutup sementara Alun-Alun Bandung saat perayaan malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12/2022). Penutupan dilakukan untuk menjaga kondusifitas di pusat kota.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, keputusan penutupan ini sudah dikoordinasikan bersama pimpinan dan jajaran dinas lainnya.

"Dari rapat terakhir keputusannya itu tetap ditutup, karena nanti kalau dibuka khawatir ada gangguan ketertiban," kata Rasdian di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/12/2022).

1. Satpol PP Bandung bakal melakukan penjagan

Tok! Alun-Alun Bandung Bakal Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2023ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Saat malam tahun baru 2023, Alun-Alun Bandung akan dijaga oleh petugas Satpol PP. Artinya, masyarakat sama sekali tidak bisa diizinkan untuk berada di wilayah luar dan dalam Alun-Alun Bandung.

"Satpol PP bakal tetap melakukan pengawasan di sekitar kawasan alun-alun. Karena meski ditutup, masyarakat berpotensi bakal tetap memadati kawasan ini," ucapnya.

2. Keputusan penutupan merupakan kebijakan bersama

Tok! Alun-Alun Bandung Bakal Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2023Alun-alun Bandung (vecteezy.com/kalaban tv)

Selain penutupan alun-alun, Satpol PP Kota Bandung juga akan membubarkan kerumunan di pusat kota sekitar pukul 00.30 WIB. Masyarakat nantinya akan diimbau pulang ke rumah masing-masing dan meninggalkan pusat kota.

"Kita juga tadi rapat dengan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan dan PMI yang akan menyiapkan ambulans apabila ada yang memerlukan, dan juga dengan Dinas Kebakaran untuk membantu membersihkan area itu," katanya.

3. Aturan ini juga dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19

Tok! Alun-Alun Bandung Bakal Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2023Instagram Muhammad.fachry_

Sedangkan, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Asep Saeful Gufron mengatakan, penutupan Alun-alun Bandung dilakukan guna tetap menjaga masyarakat dari sebaran COVID-19. Meskipun, saat ini kasusnya sudah melandai.

"Sampai hari ini terkendali dibandingkan tiga pekan ke belakang yang ada kenaikan signifikan," kata Asep.

Baca Juga: Atasi Banjir, Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Ciraga

Baca Juga: PT KCIC Minta Pemkot Bandung Beri Akses untuk Exit Tol di Km 151

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya