TNI-Polri di Jabar Sepakat Cabut Baliho Rizieq Shihab Jika Tak Berizin

Tim gabungan ini membantu pemerintah untuk jaga ketertiban

Bandung, IDN Times - Kodam III Siliwangi dan Polda Jawa Barat turut memberikan tanggapan terkait pencopotan spanduk Rizieq Shihab yang tak berizin di wilayah hukum Jabar.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, semua baliho tak berizin termasuk spanduk Rizieq Sihihab di wilayah Jabar akan diturunkan dengan personel gabungan.

"Jadi kami bersama dengan Polri dan Satpol PP akan menurunkan semua baliho supaya tertib karena baliho yang tidak sesuai dengan aturan tentu kita akan tertibkan," ujar Budi di Mapolda Jabar, Selasa (24/11/2020).

1. Kodam III Siliwangi sudah lakukan koordinasi dengan Polda Jabar

TNI-Polri di Jabar Sepakat Cabut Baliho Rizieq Shihab Jika Tak Berizin(Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab) Screen shot Youtube

Sampai saat ini, Ia menjelaskan, personel TNI sudah dikerahkan untuk melakukan pencopotan itu. Adapun hal ini dilakukan di masing-masing daerah atau wilayah yang masuk Jabar.

"Saya sudah sampai ke jajaran di TNI dan saya sudah koordinasi juga dengan Polda untuk menurunkan baliho yang tidak tertib," ungkapnya.

2. TNI mendukung penuh pencopotan spanduk tak berizin di wilayah Jabar

TNI-Polri di Jabar Sepakat Cabut Baliho Rizieq Shihab Jika Tak BerizinSimpatisan menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Budi menegaskan, sepanduk tidak tertib akan diturunkan tanpa terkecuali milik Front Pembela Islam (FPI) yang beberapa waktu lalu banyak di pajang di beberapa daerah lain di luar Jabar seperti DKI Jakarta.

"Semua yang tidak tertib, yang tidak tertib dan tidak sesuai dan tidak mengikuti aturan harus kita tertibkan. Saya dalam hal ini TNI mendukung dari Polda ataupun Polri begitu," tuturnya.

3. Polda akan tindak tegas semua baliho tak berizin di Jabar

TNI-Polri di Jabar Sepakat Cabut Baliho Rizieq Shihab Jika Tak BerizinIDN Times/Azzis Zulkhairil

Di tempat yang sama, Kapolda Jabar, Irjen Ahmad Dofiri mendukung upaya TNI menurunkan baliho tak berizin termasuk milik Rizieq Shihab di wilayah hukum Polda Jabar. Namun, Ia menegaskan, dalam hal ini TNI dan Polri akan terlebih dahulu mengedepankan penanganan dari Satpol PP.

"Berkaitan dengan kasus pelaksanaan penurunan baliho, intinya adalah disampaikan semua yang sifatnya tidak tertib, jadi siapa pun dalam hal ini tetap akan dilakukan tindakan tegas," kata Dofiri.

4. Satpol PP Kota Bandung siap turunkan baliho Rizieq Shihab

TNI-Polri di Jabar Sepakat Cabut Baliho Rizieq Shihab Jika Tak BerizinPimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Terpisah, Kasatpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, Pemkot Bandung mendukung atas upaya yang dilakukan oleh TNI dan Polri terhadap pencopotan baliho Rizieq Shihab. Ia menegaskan, Satpol PP juga akan melakukan sikap serupa terhadap baliho Rizieq Shihab di Kota Bandung.

Ia menuturkan, Satpol PP dalam menjalankan dan menegakkan peraturan daerah tidak pandang bulu. Jika ada baliho yang memang tidak memiliki izin dan tidak membayar pajak. Maka, kata dia, hal tersebut akan ditindaklanjuti.

"Termasuk juga mungkin ada spanduk Rizieq Shihab yang tidak berizin kita tertibkan, jadi kita tidak melihat hanya spanduk Rizieq Shihab saja," katanya.

Baca Juga: Rizieq Shihab Diklaim Sudah Tes Usap, FPI: Hasilnya Negatif COVID-19

Baca Juga: Wakil Wali Kota Bandung Sebut Bandung Sudah Masuk Zona Merah 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya