TKD Prabowo-Gibran Jabar Enggan Ambil Pusing Soal Salam Empat Jari

Ridwan Kamil optimis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Bandung, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar untuk Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil alias Emil enggan ambil pusing soal adanya tagar perlawanan pilpres satu putaran dengan simbol salam empat jari.

Gerakan salam empat jari sendiri digaungkan oleh Partai Hijau Indonesia melalui akun media sosial X. Mereka mengajak untuk tidak memilih pasangan 02 dan menggaungkan untuk melawan pilpres satu putaran, dan melawan pemilu curang.

1. Salam empat jari boleh-boleh saja

TKD Prabowo-Gibran Jabar Enggan Ambil Pusing Soal Salam Empat Jari(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurut Ridwan Kamil, salam empat jari merupakan bagian dari kreativitas. Dia juga tidak mempermasalahkan soal adanya gerakan itu dalam Pemilu 2024.

"Dalam demokrasi kreativitas (simbol empat jari) itu boleh-boleh saja. Mau kampanyenya joget, mau bikin lambang tangan, mau bikin simbol grafis, silakan saja," kata Emil, Senin (29/1/2024) sore.

2. Ridwan Kamil yakin Prabowo-Gibran menang satu putaran

TKD Prabowo-Gibran Jabar Enggan Ambil Pusing Soal Salam Empat Jari(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Gerakan ini sendiri tergolong menyudutkan pasangan 02, dan semangat simbol empat jari sendiri digaungkan agar masyarakat memilih pasangan capres dan cawapres dari 01 dan 03.

"Kami di TKD mewakili TKN per hari ini berdasarkan angka-angka masih meyakini bisa sekali putaran. Jadi tidak terlalu mempermasalahkan, mau bentuk apapun itu ekspresi bentuk kreativitas," katanya.

3. Timnas AMIN sebut salam empat jari merupakan simbol perlawanan

TKD Prabowo-Gibran Jabar Enggan Ambil Pusing Soal Salam Empat JariCapres nomor urut satu, Anies Baswedan ketika menerima koin saweran dari masyarakat JRMK. (Tim media AMIN)

Sementara, Juru bicara timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan mengatakan, salam empat jari merupakan simbol perlawanan yang lahir secara orisinal dari masyarakat.

"Tentunya kami dari Timnas AMIN menghormati. Karena Salam 4 Jari lahirnya dari rakyat yang merasa ada ketidakadilan, ada kesewenang-wenangan dan ada perbuatan-perbuatan tercela yang dibiarkan tanpa merasa malu," ujar Iwan di dalam keterangan tertulis pada Senin (29/1/2024).

Ia mengaku percaya kebenaran akan selalu mencari jalan dan caranya sendiri. Mengutip akun Gita Putri platform X, salam empat jari bermakna keinginan dari koalisi paslon nomor urut satu dan tiga melalui tangan rakyat sendiri. Bukan karena keinginan elite.

Selain itu, salam empat jari juga bermakna membela sila keempat Pancasila yaitu 'kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan' yang berarti dari, oleh dan untuk rakyat melalui musyawarah-mufakat. Salam empat jari juga merupakan isyarat internasional untuk tanda bahaya dan atau meminta pertolongan.

"Simbol empat jari juga asa kekuatan politik baru (ke-4) yang lebih progresif melawan oligarki dan politik dinasti," demikian yang ditulis oleh Gita di akun platform X-nya.

Baca Juga: Diperiksa Bawaslu Jabar, Ridwan Kamil Dicecar 30 Pertanyaan

Baca Juga: Diperiksa 3 Jam oleh Bawaslu: Ridwan Kamil: Saya Tak Langgar Aturan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya