TKD AMIN Jabar Pelajari Dugaan Pelanggaran Kampanye Ridwan Kamil!

Tim hukum AMIN belum memutuskan akan melaporkan Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Anies-Muhaimin (AMIN) Jawa Barat, Haru Suandharu tengah mempelajari dugaan pelanggaran kampanye Ketua TKD Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil dilaporkan oleh Badan Bantuan Hukum dan Advokasi rakyat (BBHAR) PDIP Jawa Barat ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya pada beberapa waktu kemarin. Ridwan Kamil diduga melanggar ketentuan kampanye Pemilu 2024 dalam kegiatan Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Tasikmalaya.

1. TKD AMIN Jawa Barat masih menimbang efektivitas laporan

TKD AMIN Jabar Pelajari Dugaan Pelanggaran Kampanye Ridwan Kamil!Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Haru Suandharu mengatakan, ia belum mau melaporkan mantan Gubernur Jawa Barat itu ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. Kata dia, TKD Amin Jawa Barat kini masih mempelajari unsur-unsur dugaan pelanggaran kampenye ini.

"Ya kami sedang pelajari ya, kira-kira efektif enggak kami laporkan. Nanti kami dalami dulu, sudah ada beberapa yang menurut kami berpotensi pelanggaran tapi sedang dipelajari oleh tim hukum," ujar Haru saat dihubungi, Sabtu (20/1/2024).

2. Keputusan melaporkan menunggu hasil kajian tim hukum

TKD AMIN Jabar Pelajari Dugaan Pelanggaran Kampanye Ridwan Kamil!Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Haru menjelaskan, keputusan akan melaporkan atau tidak Ridwan Kamil ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya akan menunggu hasil koordinasi bersama tim hukum. Dengan begitu, saat ini masih belum ada keputusan pasti.

Meski begitu, menurutnya, dengan sudah adanya laporan awal merupakan langkah yang baik. Namun untuk TKD AMIN Jawa Barat masih dalam koordinasi.

"Nanti kami kaji, apakah akan dilanjut atau tidak. Maksudnya kan kalau sudah ada yang melaporkan kan bagus," katanya.

3. TKD AMIN Jawa Barat berpeluang ikut melaporkan Ridwan Kamil

TKD AMIN Jabar Pelajari Dugaan Pelanggaran Kampanye Ridwan Kamil!Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Haru menambahkan, tim kuasa hukum AMIN juga akan mempelajari secara menyeluruh dugaan pelanggaran ini. Baik dari unsur pelanggarannya hingga delik laporan yang dilakukan oleh PDIP Jawa Barat.

"Kami akan lihat, kalau kira-kira sudah cukup dilaporkan oleh pasangan capres 03 ya sudah, artinya ada yang melaporkan. Nanti kami lihatlah. Sedang dipelajari," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Djuanda mengatakan, laporan dari PDIP Jawa Barat tengah diproses. Sejumlah orang yang terlibat dalam kegiatan ini akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Kami belum bisa sebut tegas ini pelanggaran. Ini masih dugaan. Hari ini kami panggil ketua pelaksana, Ketua BPD dan Ketua Apdesi untuk tahu ada di sana apakah datang inisiatif atau undangan," ujar Dodi saat dihubungi, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Ridwan Kamil Diduga Langgar Pemilu, PDIP Jabar Singgung Kasus Gibran

Baca Juga: Diduga Langgaran Pemilu, Bawaslu Berpeluang Panggil Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya