Tinjau Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Kayak Bukan di Indonesia

Masjid Al Jabbar bakal diresmikan 30 Desember 2022

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil meninjau langsung progres pembangunan Masjid Al Jabbar di Jalan Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (26/12/2022).

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan, Ridwan Kamil datang mengenakan pakaian serba putih dengan balutan jas berwarna marun. Dia ditemani rombongan dari Pemprov Jabar, salah satunya Kepala Disperindag Jabar Iendra Sofyan.

1. Emil kagum dengan pembangunan Masjid Al Jabbar

Tinjau Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Kayak Bukan di IndonesiaMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil datang langsung meninjau halaman depan Masjid Raya Al Jabbar. Dia juga berdiskusi dengan teknisi yang ada di sekitar masjid. Emil terlihat semringah karena Masjid yang dia rancang ini sudah berdiri dengan baik dan akan selesai pengerjaannya.

Saat bertemu awak media Emil mengatakan bahwa Masjid Al Jabbar sudah seperti di luar negeri. Bahkan, saat masuk pintu depan masjid, ia merasa bukan seperti di Indonesia.

"Ini bagus ya (Masjid Al Jabbar), seperti tidak di Indonesia, luas dan bagus," kata Emil.

2. Ridwan Kamil sebut Masjid Al Jabbar diresmikan akhir tahun

Tinjau Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Kayak Bukan di IndonesiaMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan bahwa progres pembangunan Masjid Raya Al Jabbar sudah 70 persen, dia juga akan meresmikan langsung pada akhir tahun 2022 ini bersama dengan jajarannya.

"Masjid Raya Al Jabbar Insya Allah pada Desember sekitar tanggal 30 sudah diresmikan. Saat ini progresnya sudah 70 persen," ujar Emil pada awak media di Gedung Sate, Rabu (14/9/2022).

Pembangunan Masjid Al Jabbar tidak hanya berpusat pada bangunan tempat ibadahnya saja. Emil menjelaskan, ada beberapa fasilitas pendukung lain yang saat ini tengah diusahakan, seperti koneksi jalan menuju masjid.

"Akses tol sedang dilobi, jadi nanti ke sana bisa lewat Tol Padaleunyi, tidak lewat jalan sekarang. Intinya, ada banyak alternatif," ungkapnya.

3. Tanggal 30 Desember 2022 akan diresmikan

Tinjau Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Kayak Bukan di IndonesiaMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ridwan Kamil sendiri sudah melakukan beberapa kali peninjauan langsung pembangunan Masjid Al Jabbar. Menurutnya, progres pembangunan berpotensi selesai di akhir tahun 2022, dan bisa langsung diresmikan.

"Akhir tahun (diresmikan). Saya inspeksi, target sementara 30 Desember pembangunan rampung. Akses dari tol Padaleunyi belok langsung ada jembatan, terus bangunanya ada taman Rasul-nya," katanya.

Proyek pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung sempat molor dari target. Alasannya, dana pembangunan yang seharusnya bisa digunakan untuk merampungkan masjid tersebut tahun ini digeser untuk biaya penanggulangan wabah virus corona jenis baru (COVID-19) di Jawa Barat.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat Koswara mengatakan, sebelum wabah, dana yang dialokasikan sebanyak Rp360 miliar untuk penyelesaian masjid yang dibangun di atas tanah seluas 25,99 hektare tersebut. Namun, ada anggaran sekitar Rp31,5 miliar dari kebutuhan yang kemudian terpakai sehingga perampungan proyek ini mau tak mau harus ditunda. 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya