Tingkat Kesembuhan COVID-19 Rendah, Ridwan Kamil Sentil Tiga Daerah

Emil minta kepala daerah segera melakukan evaluasi

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyentil penanganan COVID-19 dari pemerintah Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Garut. Tiga kabupaten itu dinilai belum bisa menaikkan tingkat kesembuhan COVID-19.

"Saya mengingatkan tim di Satgas Cianjur, Bogor, dan Garut untuk memperhatikan kenapa kasusnya tinggi dan kesembuhannya rendah. Apakah penularan kurang terantisipasi atau obatnya juga kurang maksimal sehingga sembuhnya lama?" ujar Emil di Makodam III Siliwangi, Senin (31/5/2021).

1. Tiga kabupaten itu tidak sama dengan daerah lainnya

Tingkat Kesembuhan COVID-19 Rendah, Ridwan Kamil Sentil Tiga Daerah ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil bilang, tiga kabupaten itu kini tengah menjadi sorotan. Sebab, jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya, kasus aktif selalu sebanding dengan tingkat kesembuhan pasien COVID-19.

"Daerah lain kasus aktifnya 10 persen. Cianjur 49 persen, Bogor 47 persen, Kabupaten Garut 27 persen. Saya kira ini sangat tinggi sekali," katanya.

2. Emil minta Sekda menangani persoalan ini

Tingkat Kesembuhan COVID-19 Rendah, Ridwan Kamil Sentil Tiga DaerahRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dari kejadian ini, Emil minta Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa barat melakukan antisipasi dan koreksi terhadap satgas daerah. Sebab, hal ini menjadi perhatian khusus Satgas COVID-19 Jabar.

"Hari Rabu pekan ini saya minta Sekda menangani persoalan ini dan berkoordinasi dengan daerah," katanya.

3. BOR meningkat 38,6 persen usai libur lebaran 2021

Tingkat Kesembuhan COVID-19 Rendah, Ridwan Kamil Sentil Tiga Daerah

Sebelumnya, Emil mengatakan, bahwa level kewaspadaan COVID-19 di Jabar sedang tidak baik-baik saja. Ia mengumumkan bahwa level kewaspadaan Jabar pada level tertinggi.

"(Jabar) Sedang siaga satu, kenaikan ukuran Bed Occupancy Rate (BOR) kalau sampai 10 persen itu ada lonjakan," ujar Emil.

Emil mengatakan, naiknya BOR merupakan imbas dari libur dan mudik lebaran 2021 yang bocor dalam penjagaan. Menurutnya, kejadian ini mesti dijadikan pembelajaran untuk penanganan ke depannya.

"Keterisian rumah sakit atau BOR pekan ini sebanyak 38,6 persen dari pekan sebelumnya yang hanya 30,6 persen," katanya.

4. RS di Jabar didatangi banyak pasien COVID-19

Tingkat Kesembuhan COVID-19 Rendah, Ridwan Kamil Sentil Tiga DaerahDok. Humas Jabar

Berdasarkan data yang Emil miliki, ada rumah sakit (RS) di beberapa daerah yang tingkat keterisiannya sudah melebihi ambang batas dari 70 persen hingga 90 persen. Di antaranya ialah RS Al-Ihsan, RS Immanuel, dan RS Santosa.

"Rumah sakit yang tingkat keterisiannya sudah di atas 70 persen, segera mengalokasikan kamar perawatan penyakit umum diubah untuk pasien COVID-19," kata dia.

Baca Juga: Pakai Syal dan Jaket Persebaya, Ridwan Kamil Ketemu Bonek

Baca Juga: Tak Punya Partai, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 Bila Ada yang Usung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya