Tiga Daerah di Jabar Kebanjiran, Bekasi Paling Parah

Banjir Kabupaten Karawang membuat 315 jiwa mengungsi

Bandung, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sebagian wilayah di Jawa Barat sejak beberapa hari kemarin. Dampaknya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mencatat ada tiga kabupaten mengalami bencana alam banjir.

Kepala Seksi Pencegahan selaku Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu mengatakan, pada 19-20 Februari 2021 banjir terjadi di delapan kecamatan di Kabupaten Karawang.

"Jumlah rumah (yang terdampak banjir) mencapai 425 unit, dengan jumlah 523 Kepala Keluarga (KK) dan 1.361 jiwa. Sedangkan pengungsi ada 315 jiwa. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa," ujar Budi berdasarkan keterangan resminya, Minggu (21/2/2021).

1. Kabupaten Bogor banjir di dua kecamatan

Tiga Daerah di Jabar Kebanjiran, Bekasi Paling ParahIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain Kabupaten Karawang, banjir juga terjadi di Kabupaten Bogor. Wilayah terdampak ialah Perum Griya PMI Permai RT01,02/14, Desa Kahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Grand Mekarsari Residence Cluster H/J, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, dan satu wilayah lainnya.

Adapun rinciannya: Banjir di kecamatan Klapanunggal merendam 66 Unit rumah, terdiri dari 66 KK/250 jiwa, satu unit mesjid, satu unit posyandu; Kecamatan Cileungsi merendam 80 unit rumah terdiri dari 80 KK/267 Jiwa, satu unit musola, satu unit kolam renang, dan satu unit sport club.

"Sementara di Kecamatan Cileungsi, Perumahan Permata Nusa Indah Blok F RT 01 dan 03/014, Desa Situ sari ada 310 unit rumah terendam dengan 310 KK/850 Jiwa. Kabupaten Bogor tidak ada korban jiwa," ungkap Budi.

2. Kota Bekasi juga mengalami banjir

Tiga Daerah di Jabar Kebanjiran, Bekasi Paling ParahIlustrasi bencana banjir. (IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk banjir di Kota Bekasi kurang lebih merendam 11 kecamatan. Namun, kata Budi, data ini masih bersifat sementara dan bisa berubah menyesuaikan kondisi di lapangan.

Dari 11 kecamatan yang kebanjiran, jumlah warga terdampak berbeda-beda. Seperti di Kecamatan Bekasi Utara, Lebak, terjadi genangan setinggi kurang lebih 20-40 centimeter dan meningkat menjadi kurang lebih 70-80 centimeter dengan total terdampak 1.459 KK/ 5.836 jiwa.

3. Banjir di Kabupaten Bekasi paling parah

Tiga Daerah di Jabar Kebanjiran, Bekasi Paling ParahIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Banjir paling parah terjadi di Kabupaten Bekasi. Hingga saat ini ada 19 kecamatan yang tercatat mengalami banjir.

Beberapa daerah Bekasi yang mengalami banjir yaitu Kecamatan Babelan, Kecamatan Bojongmangu, Kecamatan Cibarusah, Kecamatan Cibitung, Kecamatan Cikarang Barat, dan Kecamatan Cikarang Pusat.

"Dari 19 kecamatan, ada 56 desa atau kelurahan yang juga terdampak banjir. Sedangkan jumlah titik banjir ada 134 titik, dengan total 25.175 KK. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," katanya.

4. Angin puting beliung terjadi di Kabupaten Bandung Barat

Tiga Daerah di Jabar Kebanjiran, Bekasi Paling ParahIlustrasi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain banjir, sejumlah peristiwa bencana alam longsor, angin puting beliung, dan pergerakan tanah juga terjadi di beberapa wilayah Jabar dalam kurun waktu beberapa hari kemarin. Seperti pada Sabtu 20 Februari 2021, pukul 09.00 WIB dan 13.00 WIB, angin puting beliung menerjang rumah warga di Kabupaten Bandung Barat.

"Di Kecamtan Cipendeuy ada satu unit rumah rusak berat, dan di Kecamatan Cikalong satu rumah juga rusak berat. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata dia.

Baca Juga: Ada Suara Gemuruh di Bandung, BMKG: Mungkin Aktivitas Manusia

Baca Juga: [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 3 Di Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya