Tidak ada Pengunjung, Macan Tutul Kebun Binatang Kesulitan Pakan

Jika kondisi terus begini, maka seekor rusa akan dipotong

Bandung, IDN Times - Bandung Zoological Garden berencana akan memotong satu ekor rusa untuk dijadikan pakan macan tutul. Rencana tersebut akan dilakukan jika dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan virus corona (COVID-19) belum mereda.

Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung terpaksa memutuskan kebijakan tersebut lantaran saat ini ada penurunan pemasukan akibat imbauan social distancing. Hal itu membuat mereka tak punya kas untuk membeli pakan macan tutul.

1. Alokasi anggaran pakan hewan menurin drastis

Tidak ada Pengunjung, Macan Tutul Kebun Binatang Kesulitan PakanIDN Times/Debbie Sutrisno

Humas Kebun Binatang Kota Bandung, Sulhan Syafi'i mengatakan, kesusahan pakan merupakan dampak dari minimnya pengunjung selama Pandemik COVID-19. Alokasi anggaran untuk pakan sebanyak 850 ekor satwa pun semakin menipis.

"Kami terpaksa akan memotong rusa untuk pakan macan tutul jika dalam beberapa bulan ke depan virus corona masih berlangsung," ujar Sulhan dalam keterangan resminya, Jum'at (1/5).

2. Selama empat bulan diyakini bisa bertahan tanpa pengunjung

Tidak ada Pengunjung, Macan Tutul Kebun Binatang Kesulitan PakanIDN Times/Debbie Sutrisno

Sulhan mengatakan, berdasarkan hitung-hitungan, Kebun Binatang Bandung hanya bisa bertahan selama empat bulan ke depan tanpa ada kunjungan dari wisatawan. Maka dalam kurun waktu itu, manajemen kebun binatang hanya bisa berdoa agar wabah corona segera usai.

"Tanpa ada pengunjung akan bertahan selama empat bulan ke depan. Skenario terburuk ya kita akan memotong rusa untuk pakan macan tutul," ungkapnya.

3. Berharap bantuan pemerintah

Tidak ada Pengunjung, Macan Tutul Kebun Binatang Kesulitan Pakangiphy.com

Lebih lanjut, Sulhan mengatakan, Kebun Binatang Bandung telah mengikuti aturan pemerintah untuk tidak beroperasi selama Pandemik COVID-19. Maka itu, manajemen Kebun Binatang berharap pemerintah membantu keperluan mereka untuk memberi makan macan tutul dan satwa lainnya.

"Skenario terburuk itu tadi bisa terjadi apabila tidak ada campur tangan atau bantuan dari pemerintah terhadap Kebun Binatang Bandung. walaupun sejauh ini belum ada satwa yang meninggal akibat dampak corona," kata dia.

Baca Juga: Pakar Informasi Publik Kritisi Agenda Kehumasan Pemkot Bandung

Baca Juga: Polda Perketat Pos Penjagaan Cegah Penyelundupan Pemudik di Jabar 

4. Ditutup hingga 29 Mei 2020

Tidak ada Pengunjung, Macan Tutul Kebun Binatang Kesulitan PakanIDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti dikutip dari Antara, sementara ini Kebun Binatang Bandung akan ditutup hingga 29 Mei 2020. Namun, tidak menutup kemungkinan penutupan akan diperpanjang jika wabah virus corona belum juga usai.

Untuk itu, manajemen Kebun Binatang Bandung memberlakukan aturan sif kepada karyawannya dalam merawat hewan di sana agar tetap sehat.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya